Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Garmin Instinct 2: Smartwatch Bertenaga Surya & Masa Pakai Baterai Tak Terbatas

Indri Penulis

Garmin resmi kenalkan smartwatch Garmin Instinct 2. Dia adalah smartwatch bertenaga surya yang menghadirkan masa pakai baterai tak terbatas.

Sudah bukan rahasia lagi kalau smartwatch adalah salah satu item fashion masa kini. Apalagi buat anak muda, rasanya belum kekinian kalau nggak ada smartwatch yang melingkari pergelangan tangan mereka.

Seiring berjalannya waktu, permintaan smartwatch terus meningkat. Makanya nggak heran kalau berbagai produk smartwatch bersaing menciptakan trobosan gila buat produk mereka.

Salah satu trobosan keren yang berhasil diciptakan oleh produsen adalah pemanfaatan tenaga surya untuk mengisi daya baterai. Kalau kamu cari contoh smartwatch-nya, kamu bisa lihat di Garmin Instinct Solar (yang tergabung dalam seri Garmin Instinct), produk smartwatch pertama Garmin yang memanfaatkan tenaga surya untuk mengisi baterai.

Awal tahun 2022 ini, Garmin resmi memperbarui seri Garmin Instinct dengan mendebutkan generasi terbaru “Garmin Instinct 2.” Seri ini masih sama seperti pendahulunya, yakni memanfaatkan tenaga surya untuk mengisi baterai. Cuma bedanya, kali ini Garmin Instinct 2 menghadirkan beberapa peningkatan fitur.

Fitur dan Spesifikasi Smartwatch Garmin Instinct 2

Smartwatch Garmin Instinct 2 hadir dalam dua versi, yakni versi Solar dan non-Solar. Semua versi terdiri dari dua ukuran. Model dasar punya diameter 45mm, dan ada unit Instinct 2S dengan ukuran 40mm untuk pengguna yang memiliki pergelangan tangan lebih kecil.

Seri Garmin Instinct 2 dibuat berdasarkan model aslinya (Garmin Instinct), yakni hadir dengan tampilan resolusi tinggi 176 x 176 piksel (naik dari 128 x 128 piksel). Untuk ukuran layarnya masih sama yakni 0,9” x 0,9” persegi pada model 45mm, dan 0,79” x 0,79” pada model 40mm.

Dari segi masa pakai baterai, Garmin Instinct 2 bisa dibilang sangat mengesankan, khususnya yang versi Solar. Kamu bisa menggunakan jam tangan tanpa batas waktu dan nggak perlu me-charge baterai. Tapi syaratnya, jam tangan harus terkena panas matahari minimal 3 jam/hari.

Untuk daya tahannya, jam tangan versi Solar 45mm bisa digunakan tanpa batas dalam mode smartwatch. Sedangkan model 40mm hanya bisa melakukannya dalam mode battery saver.

Buat lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini. Gambar ini menunjukkan masa pakai baterai smartwatch berdasarkan model dan mode penggunaannya.

Untuk fitur lainnya, Garmin Instinct 2 dibekali beberapa fitur khusus seperti Smart Notifications, Connect IQ Store (untuk download aplikasi dan widget) dan Safety and Tracking Features.

Seri Garmin Instinct 2 juga dibekali fitur untuk menentukan posisi satelit seperti GPS, GLONASS dan Galileo. Ada juga sensor ABC (Altimeter, Barometer dan Compass) dan termometer. Garmin Instinct 2 juga dibekali sensor pengukur detak jantung optik dan saturasi oksigen darah.

Terakhir, jajaran smartwatch terbaru Garmin ini mendukung konektivitas Bluetooth dan ANT+. Dukungan tersebut membuat smartwatch bisa membaca data dari sensor lain (misalnya chest strap heart rate monitor yang lebih akurat), sambil mengirim data tersebut ke perangkat lain (contohnya ke smartphone atau sepeda stasioner Peloton).