Snapchat Luncurkan Lensa Tari Ala TikTok Dance Challenge

Snapchat meluncurkan lensa baru khusus untuk menari. Lensa tari ini dibuat karena Snapchat terinspirasi dari challenge menari di TikTok.

Snapchat selama ini lebih dikenal sebagai aplikasi video dengan segudang efek lucu. Contohnya pengguna bisa membuat video dengan efek telinga hewan, wajah menyeramkan, dan berbagai animasi lainnya.

Di sisi lain, tren video semacam itu saat ini mulai turun. Video yang lagi tren saat ini adalah challenge menari seperti yang ada di TikTok. Yakni orang-orang melakukan tarian tertentu sambil diiringi musik.

Sadar dengan tren saat ini, Snapchat langsung meluncurkan lensa khusus menari. Lalu seperti apa penampakan lensa terbaru Snapchat kali ini?

Penampakan Lensa Menari Ala Snapchat

Facebook mungkin ingin mengambil alih TikTok secara langsung. Tapi Snapchat sepertinya mengambil langkah yang berbeda. Perusahaan ini justru memilih meluncurkan lensa AR baru untuk tarian.

Dalam pembuatan lensa tari ini, Snapchat bekerja sama dengan influencer TikTok populer. Snapchat kemudian mengajak penggunanya untuk berpartisipasi dalam challenge tarian TikTok lewat lensa Snapchat.

Sumber Gambar : The Verge

Snapchat sendiri meluncurkan empat lensa baru. Dari keempat lensa, hanya dua lensa yang terinspirasi dari TikTok (sudah ada musik di dalamnya).

Sedangkan untuk dua lensa lainnya berbeda. Lensa ini hanya punya efek animasi tanpa musik bawaan. Jadi saat ingin merekam video, kalian perlu memutar musik dari perangkat lain.

Dilansir dari The Verge, lensa baru ini bisa kalian temukan dalam beranda Lens Studio Snapchat. Lewat fitur ini, pengguna bisa memilih salah satu efek Lens ke klip mereka di Snapchat.

Oya karena dibuat untuk menari, maka efek lensa ini baru muncul saat kalian menggerakan badan. Lensa ini bakal melacak 18 sendi manusia. Efek yang dihasilkan pun bakal sesuai dengan gerakan pengguna.

Kalau sudah selesai merekam, pengguna bisa memposting video tersebut ke TikTok. Intinya, Snapchat di sini hanya sebagai wadah berkreasi dibanding untuk berbagi.

Tidak hanya itu, ini juga merupakan strategi Snapchat untuk menarik lebih banyak pengguna TikTok. Harapannya, pengguna TikTok bisa memanfaatkan lensa Snapchat untuk mengedit videonya sebelum diposting.

Masuk akal sih. Mengingat tools yang dimiliki Snapchat bisa dibilang lebih canggih dari TikTok. Apalagi soal fitur Lens buatan mereka. Efek animasi yang ditampilkan terlihat lebih keren dan beragam.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Snapchat berusaha menggaet pengguna TikTok. Sebelumnya, Snapchat sempat menguji coba fitur swipe, membuatnya terlihat mirip fitur ‘For You’ milik TikTok.

%d blogger menyukai ini: