Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Samsung Siap Lepas Exynos Demi Snapdragon untuk Galaxy S23 Series

Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan jika Samsung siap merelakan chipset Exynos demi pakai Snapdragon untuk jajaran Samsung Galaxy S23 Series.

Selama beberapa tahun terakhir, Samsung dengan berani telah menggunakan chipset bikinannya sendiri, Samsung Exynos di jajaran ponsel Samsung Galaxy. Yah walaupun performa Exynos sering dianggap masih di bawah chipset lain seperti Snapdragon atau MediaTek, tapi Samsung masih kekeuh menggunakan prosesornya sendiri, tak terkecuali untuk jajaran ponsel kelas atas Samsung Galaxy S-Series.

popculture.id

Tapi menariknya, baru-baru ini ada kabar terbaru yang mengatakan kalau Samsung kemungkinan besar akan membuang chipset Exynos ‘sepenuhnya’ untuk Samsung Galaxy S23 Series tahun depan.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, Qualcomm akan menjadi satu-satunya pemasok prosesor untuk Samsung Galaxy S23 Series yang akan datang.

Kabarnya Samsung mengambil keputusan ini karena sadar jika chipset-nya nggak bakal bisa bersaing dengan prosesor Qualcomm generasi berikutnya, SM8550 (kemungkinan Snapdragon 8 Gen 2).

Selain itu, seperti yang kita tahu, selama bertahun-tahun Samsung telah menggunakan Exynos untuk ponsel kelas atasnya. Sayangnya chipset kelas atas Samsung sering mengalami masalah seperti masalah daya berlebih, kinerja dan bahkan sampai baterai. Satu per satu aduan dan komplain mengenai buruknya performa chipset Exynos kabarnya terus diterima Samsung selama bertahun-tahun.

Jadi dengan adanya kabar bahwa Samsung akan mengganti Exynos dengan Snapdragon untuk jajaran Samsung Galaxy S23 Series, Kuo memprediksi Qualcomm bakal menguasai lebih banyak pangsa pasar dengan perangkat kelas atas di masa depan.

Tentu saja karena ini sifatnya masih rumor, kita tunggu saja informasi resmi dari Samsung (yang mungkin masih lama mengingat jajaran ponsel layar lipat saja belum rilis tahun ini, hehehe). Jujur kalau soal bocoran, informasi seputar Samsung Galaxy S23 Series memang masih minim. Selain rumor pemakaian chipset Snapdragon, ponsel ini dengar-dengar akan hadir dengan kamera 200MP bikinan Samsung yang diumumkan beberapa waktu lalu.

    %d blogger menyukai ini: