Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Social Reads (beta): Aplikasi Goodreads untuk Windows Phone

Anom Penulis

Kali ini kami berkesempatan mencoba salah satu aplikasi Goodreads untuk Windows Phone. Aplikasi ini bernama Social Reads. Saat ini aplikasi Social Reads masih dalam versi beta. Tapi toh bukan berarti tidak layak untuk dicoba.

Buat kamu yang belum tahu, Goodreads adalah sebuah jejaring sosial untuk mereka yang hobi membaca. Di sini kita bisa berbagi soal buku apa yang sedang kita baca, review buku yang sudah kita baca, buku apa yang ingin kita baca, dll. Sekarang ini, belum ada aplikasi resmi dari Goodreads untuk Windows Phone. Bahkan, aplikasi pihak ketiga pun hanya ada segelintir. Termasuk aplikasi Social Reads ini yang masih dalam versi beta.

Fitur Social Reads
  1. Mencari buku atau pengarang
  2. Melihat detil buku atau pengarang
  3. Update status (memberi info sampai mana kita membaca, menambahkan buku pada salah satu rak)
  4. Melihat dan mengatur daftar buku juga rak buku kita (book shelves)
  5. Memberi rating dan menulis review buku
  6. Scan barcode atau nomer ISBN

Secara fitur, aplikasi Social Reads memang sudah mencakup fungsi dasar di Goodreads. Walaupun, kalau mau bicara soal jejaring sosial, belum ada fungsi interaksi dengan pengguna lain. Oke, sebenarnya ada fitur yang berhubungan dengan pengguna lain, yaitu melihat review buku dari pengguna lain. Tapi saat kami coba, fitur ini belum berfungsi dengan baik.

Dari segi tampilan dan penggunaan, bisa dibilang Social Reads sudah cukup baik. Aplikasi ini menggunakan desain khas Windows Phone dengan cantik. Tapi memang, masih banyak kekurangannya. Sebagai contoh, untuk login/logout. Saat kita salah menulis password atau saat kita hendak logout, aplikasi ini masih mengarahkan pada versi mobile situs Goodreads. Lalu kotak search juga hanya terdapat pada menu utama aplikasi ini. Yah, seperti yang sudah kami sebut, memang masih ada beberapa hal yang mengganggu.

Namun begitu, harap diingat bahwa aplikasi Social Reads ini masih dalam versi beta. Jadi, masih banyak ruang untuk perbaikan. Tentunya, semakin banyak kita memberi feedback pada developer-nya diharapkan aplikasi ini juga bisa menjadi lebih baik. Apalagi kalau bisa sekalian jadi ebook reader. :-p

Download: Social Reads di Windows Phone Store

social_reads