Solusi Alternatif Penggunaan Headphone di iPhone Terbaru

iPhone terbaru kini tidak dilengkapi jack headphone. Jangan khawatir, berikut ini cara menggunakan headphone ke iPhone terbaru.

Saat kalian membeli iPhone, box ponsel biasanya mencakup satu set earbud Apple Earpods. Earbud ini memiliki kualitas suara yang sangat bagus.

Sayangnya, dalam iPhone versi terbaru pengguna tidak bisa mencolokkan headphone. Hal ini karena jack headphone telah ditiadakan.

Sebagai alternatif, pengguna bisa menggunakan headphone wireless. Namun bagaimana jika kita ingin menggunakan headphone lama ke iPhone?

Sumber Gambar : Hoang Ha Mobile

Jangan khawatir karena saya akan berikan solusi untuk kalian. Berikut ini cara menggunakan headphone kabel ke iPhone:

Tidak Ada Jack Headphone? Tidak Masalah

Jika kalian ingin menghubungkan earbud lama, kalian tidak perlu membeli alat tambahan. Sebab benda ini sudah disediakan Apple secara gratis.

Alat yang dibutuhkan adalah adaptor Apple Lightning to 3.5 mm. Produk ini memang tidak terlalu terkenal di kalangan audiophile.

Sumber Gambar : Make Teach Easier

Meskipun begitu, adaptor Apple Lightning to 3.5 mm tidak bisa dipandang sebelah mata. Produk tersebut justru bisa jadi alternatif yang lumayan bagus.

Walau tidak terlalu awet, namun adaptor Apple Lightning to 3.5 mm bisa digunakan untuk jack earbud. Jika dibeli secara terpisah, Apple Lightning to 3.5 mm dibanderol $9.

Saatnya untuk Upgrade

Penggunaan earbud yang dipadukan dengan adaptor Apple mungkin solusi paling mudah. Tapi jika dilakukan terus, maka tidak baik untuk iPhone.

Headphone yang bagus biasanya membutuhkan daya lebih besar. Padahal daya yang diberikan oleh adaptor belum tentu bisa memenuhi kebutuhan headphone.

Oleh sebab itu, kalian membutuhkan Digital to Analog Converter (DAC) yang tepat. Pastikan juga DAC telah dilengkapi amplifier headphone.

Opsi Low-end – Midrange

Sumber Gambar : Head Fii

FiiO Q1 Mark II adalah solusi tepat untuk yang mencari DAC irit daya. DAC ini memiliki ukuran lumayan besar dan namun tipis.

Sebagai alternatif lain, kalian bisa mencoba AudioQuest Dragonfly Black. DAC tersebut mempunyai bentuk menyerupai flashdisk dan lebih kecil dari FiiO Q1 Mark II.

Sumber Gambar : Archimagos Musings

FiiO mengantongi sertifikasi dari Apple MFi. Sedangkan AudioQuest bisa digunakan untuk ponsel dan komputer.

Selain itu masih ada satu lagi produk yang bisa kalian coba. DAC ketiga yang akan saya rekomendasikan adalah Schiit Fulla 2.

Sumber Gambar : Schiit Audio

DAC ini kompatibel dengan banyak headphone. Selain itu Schiit Fulla 2 dilengkapi 2 port USB untuk isi daya, sehingga tidak akan menguras baterai iPhone,

Opsi High-end

Sumber Gambar : Cision News

Bagaimana solusi untuk headphone kelas atas? Kalian tentu membutuhkan DAC dengan amp yang lebih kuat seperti Chord Mojo.

Chord Mojo dibanderol dengan harga super terjangkau. Tapi jangan salah, walaupun murah namun DAC ini memiliki kualitas sangat bagus.

Sumber Gambar : AV Connection

Kalian juga bisa mencoba iFi xDSD Portable Bluetooth aptX DAC dan Headphone Amplifier. Produk ini memberikan fitur serupa serta dukungan MQA dan koneksi Bluetooth.

DAC tersebut juga memiliki pengaturan volume analog. Dengan begitu kalian bisa mengatur volume sesuai kebutuhan.

More Stories
Ini Dia 6 Channel YouTube Terkece Buat Update Dunia Teknologi