Jangan Panik! Ini 4 Solusi Jitu untuk Menangani Laptop Black Screen

Indri Penulis

Bingung gara-gara layar laptop tiba-tiba black screen? Tenang, kamu bisa baca beberapa solusi jitu untuk menangani laptop black screen berikut ini.

Sedang asyik main laptop, eh tiba-tiba laptop error. Nggak sekedar lemot, macet atau not responding. Pasalnya laptop seolah kesambet dan tiba-tiba black screen, alias layarnya tiba-tiba berwarna hitam.

Kalau kamu saat ini mengalami masalah tersebut, nggak usah panik. Kali ini saya bakal kasih solusi saat laptop mengalami black screen.

Apa Penyebab Laptop Black Screen?

Sebelum mengetahui cara menangani laptop black screen, alangkah baiknya agar kamu mengetahui dulu penyebab laptop black screen. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop black screen diantaranya:

  • Masalah di Windows Startup
  • Kabel penghubung antara layar dan mainboard mengalami masalah
  • Ada virus yang masuk ke sistem
  • Driver sudah ketinggalan zaman
  • Suhu laptop terlalu panas alias overheat
  • Pengaturan pada Display Adapter.

Solusi Pertama

Saat laptop mengalami black screen, ada dua shortcut yang bisa kamu coba. Shortcut yang pertama adalah kombinasi tombol “Windows + P.Shortcut tersebut bisa kamu pakai untuk mengubah Display Setting (siapa tahu bagian situ ada yang error).

Shortcut yang kedua adalah “CTRL + Alt + Del (Delete).” Shortcut ini berfungsi untuk memancing aktivitas layar agar masuk ke Task Manager. Saat menggunakan shortcut ini, kamu juga bakal melihat tombol Power. Nah lewat tombol itu, pilihlah opsi Restart untuk memuat ulang laptop. Siapa tahu setelah itu laptop bakal kembali normal.

Solusi Kedua

Sebenarnya masih ada kemungkinan lain yang menyebabkan laptop black screen, yakni karena GPU laptopmu sudah capek menjalani hidupnya.

Kamu bisa coba tekan tombol “Windows + CTRL + Shift + B.” Shortcut tersebut berfungsi untuk me-restart atau me-refresh kinerja dari GPU laptopmu.

Solusi Ketiga

Solusi yang ketiga ini bisa kamu lakukan saat laptop sudah kembali ke kondisi normal. Kalau boleh dibilang, ini adalah metode pengobatan supaya laptopmu nggak black screen lagi.

Kamu bisa klik kanan logo Windows. Setelah itu klik “Device Manager > Display Adapter.” Kemudian klik kanan pada graphic card-mu dan pilih “Uninstall.”

Setelah kamu klik “Uninstall,” laptop biasanya akan langsung restart secara otomatis. Nanti setelah prosesnya selesai, biasanya laptop akan kembali normal dan nggak bakal black screen lagi.

Solusi Keempat (Solusi Pamungkas!)

Kalau semua cara di atas sudah kamu lakukan tapi laptopmu masih bandel, mungkin masalah tersebut disebabkan karena adanya virus/malware yang masuk ke dalam laptopmu. Kamu bisa scan ulang laptopmu dengan antivirus terbaik untuk mendeteksi adanya virus/malware.

Jika tidak, mungkin ada kabel konektor yang bermasalah jadi harus diganti. Kalau sudah seperti ini, satu-satunya jalan adalah membawa laptopmu ke teknisi.

    %d blogger menyukai ini: