Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Sonic Dash: Petualangan Baru Si Landak

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu, game Sonic Dash hadir di Windows Phone. Sonic adalah sebuah tokoh game khas Sega. Sama seperti Mario Bros di Nintendo. Dulu, game Sonic sangat populer. Namun seiring gagalnya konsol Sega Dreamcast, namanya berkurang gaungnya. Sekarang Sonic hadir lagi melalui petualangan terbarunya. Game Sonic Dash menjadi petualangan baru si landak.

Sonic terkenal karena kemampuannya berlari cepat dan bergulung untuk mengalahkan lawan. Jadi sangat cocok kalau game terbarunya ini berupa game endless run. Bicara soal endless run, kehadiran Sonic Dash Windows Phone segera disusul oleh instalmen terbaru Subway Surfers. Apakah si landak bisa bersaing dengan bocah yang hobi grafiti ini?

Yah, seperti game endless run lain, di Sonic Dash kita akan berlari (tentu saja) sambil menghindari halangan (swipe kanan-kiri) dan mengambil poin (di sini ring), melompat menghindari rintangan (swipe ke atas), dan bergulung (swipe ke bawah) baik untuk menghindar atau untuk mengalahkan lawan. Gerakan bergulung ini adalah khas Sonic, dan jadi salah satu keunikan game Sonic Dash. Karena rata-rata di game sejenis hanya bisa menghindar. Kalau mengalahkan lawan hanya saat mendapat power up tertentu.

Variasi aksi lain di Sonic Dash juga ada. Untuk melompat dengan jarak yang jauh, kita bisa melompat dan bergulung dengan cepat (setelah melompat, tap layar). Kita juga bisa mendapat power up seperti perisai, bonus ring, atau lainnya.

Lalu, ada pula gerakan spesial yang disebut dash. Seiring kita mengambil ring, skala di sebelah kanan akan terisi. Kalau sudah penuh, kita bisa mengaktifkan dash. Dengan dash, Sonic akan berlari cepat dan menembus semua halangan.

Perpindahan tempat Sonic Dash tidak berdasar level tertentu, bisa terjadi di dalam game. Sedikit berbeda dengan Running Fred. Kalau di Sonic Dash perpindahan tempat terjadi saat kita memilih per buat melompat saat satu permainan selesai. Agak mirip dengan Minion Rush yang kadang terjadi melalui portal di tengah game.

Kemiripan ini juga terjadi di boss fight. Boss akan muncul dan menyerang kita, juga meletakkan halangan di depan lintasan. Selain menghindarinya, kita juga punya kesempatan membalas boss itu.

Elemen lain di game Sonic Dash bisa dibilang sama dengan game endless run lain. Misalnya, unlock karakter, pembelian upgrade dan power ups, dll. Semuanya bisa dilakukan baik dengan ring, bintang, dan IAP.

Secara keseluruhan, selain gambar yang bagus, Sonic Dash memberikan porsi aksi yang sedikit lebih dari game endless run biasa. Yah, sedikit lebih seru, variatif dan imajinatif daripada Subway Surfers. Tapi game yang disebut terakhir ini selalu update dengan petualangan baru. Jadi, pilihan tetap pada kesukaan kita masing-masing. Oya, Sonic Dash cukup membuat ponsel saya lebih panas dari biasanya. Hm, ada juga beberapa keluhan kalau game ini sering force closed (saya jarang mengalaminya).

Download Sonic Dash gratis di bursa Windows Phone. Ukurannya hanya 44 MB, bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1, dan di RAM 512.