Sony Diam-diam Telah Patenkan Desain Kontroler PlayStation 5

PlayStation 5 akan dirilis pada tahun 2020. Menjelang perilisannya, Sony telah mematenkan desain kontroler PlayStation 5.

Sebentar lagi kita akan menyambut hadirnya konsol baru penerus PlayStation 4, yakni PlayStation 5. Sony sendiri telah mengkonfirmasi bahwa PlayStation 5 akan rilis tahun 2020.

Namun di pengumuman sebelumnya, Sony tidak membeberkan desain kontroler terbarunya. Perusahaan hanya memberikan informasi terkait fitur yang ada di kontroler PS5.

Namun baru-baru ini, Sony diam-diam telah mematenkan desain kontroler di kantor paten Jepang. Dikutip dari Gamespot, rupanya Sony mematenkan desain kontroler untuk PlayStation 5.

Hal tersebut terbukti dengan munculnya kontroler PS5 di situs web kantor paten Jepang. Kira-kira seperti apa desain kontroler PS5? Simak uraiannya berikut ini.

Desain Kontroler untuk PlayStation 5

Sumber Gambar : Gamespot

Sepintas, kontroler PS5 terlihat mirip dengan Dual Shock 4. Tapi jika ditelusuri lebih lanjut, terdapat sejumlah perubahan besar yang dihadirkan oleh Sony.

Gambar-gambar di dalam titik paten menunjukkan beberapa perubahan. Bisa dilihat ukuran stick terlihat lebih kecil, trigger lebih besar, terdapat port USB-C dan tidak adanya light bar.

Sementara itu, letak Touchpad masih sama seperti pendahulunya. Inilah yang membuat kontroler PS5 terlihat mirip dengan Dual Shock 4.

Sony sebelumnya pernah membahas kontroler baru mereka. Perusahaan mengungkapkan bahwa haptics akan menggantikan standard rumble.

Kehadiran haptics akan membuat umpan balik lebih luas. Selain itu, haptics juga bisa memberi efek getaran pada kontroler (mirip dengan Switch ‘HD Rumble’).

Sumber Gambar : Gamespot

Perubahan lain yang ada di kontroler PS5 terletak pada trigger. Kedepan, trigger L2/R2 yang ada di kontroler PS4 akan diganti dengan trigger adaptif.

Seperti yang kita ketahui, selama ini tombol R2 terasa sulit ditekan. Apalagi saat karakter mendorong sesuatu yang berat. Misal saat karakter game ingin menarik busur panah.

Nah, dengan hadirnya trigger adaptif, pengembang game bisa menambah resistensi. Jadi pemain bisa mendapatkan pengalaman gaming yang berbeda dan lebih nyaman.

Perlu diketahui, gambar di atas bukan desain final dari kontroler PS5. Sebab gambar tersebut baru berupa titik-titik. Mungkin akan ada banyak perubahan ketika kontroler benar-benar sudah jadi.

%d blogger menyukai ini: