Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Sony FX3: Kamera Sinema Paling Murah Milik Sony

Indri Penulis

Sony resmi meluncurkan kamera Sony FX3. Ini adalah compact full-frame yang paling terjangkau di jajaran kamera sinema perusahaan.

Januari lalu, Sony menghadirkan kamera Sony Alpha 1. Alpha 1 merupakan kamera flagship dengan keunggulan yang sangat mengerikan.

Menjelang akhir Februari ini, Sony kembali menghadirkan satu lagi kamera anyar. Lewat Sony FX3, Sony mencoba menghadirkan kamera sinema termurah di perusahaan.

Keunggulan Kamera Sony FX3

Dilansir dari GSMArena, FX3 menggabungkan beberapa fitur yang biasanya ada di kamera sinema mahal. Bedanya, FX3 hadir dalam bodi yang lebih kecil dan ringan.

Sumber Gambar : GSMArena

Sekilas, FX3 terlihat mirip dengan A7S III yang telah ada sebelumnya. Walau begitu, ada beberapa hal yang membedakan kedua kamera ini. Apa saja itu?

Salah satu perbedaan utama ada pada desainnya. FX3 memiliki bodi kamera yang mirip dengan A7S III, namun sedikit lebih tebal dan pendek.

FX3 terlihat agak tebal karena memiliki kipas di dalamnya. Kipas ini berfungsi untuk mendinginkan bagian dalam kamera selama proses perekaman. Kamera juga bisa membidik tanpa batas, bahkan di lingkungan yang lebih hangat sekalipun.

Sementara bodinya yang lebih pendek disebabkan oleh penghapusan jendela bidik elektronik. Walau tidak punya jendela bidik elektronik, tapi hal ini membuat FX3 lebih ringkas.

Sumber Gambar : GSMArena

Di sisi lain, FX3 dirancang untuk menjadi bagian dari rig. Karena itulah FX3 memiliki lima dudukan berulir ¼-20, dengan tiga diantaranya ada di atas. Membuat kamera bisa dipasang di dalam cage, gimbal dan drone.

Perbedaan desain FX3 dengan A7S III tidak hanya itu. FX3 memiliki tombol rekam lampu latar khusus di bagian atas, joystick di atas, kontrol zoom di sekitar tombol rana, tally light di depan dan belakang, sakelar daya geser, dan tombol pintasan yang telah dioptimalkan.

Baca Juga:  PlayStation 5 akan Segera Punya Fitur Variable Refresh Rate (VRR)

FX3 hadir dengan pegangan yang dibundel dalam satu paket pembelian. Pegangan atas menyertakan antarmuka audio yang mirip dengan Sony XLR-K3M, yakni tanpa mikrofon internal.

Dari segi perangkat lunak, satu-satunya perubahan besar pada FX3 dari A7S III adalah hadirnya S-Cinetone. Preset video ini dirancang untuk memberikan tampilan filmis yang lembut dengan mudah.

Nah, itu tadi perbedaan yang besar antara FX3 dan A7S III. Sementara bagian lainnya sangat identik alias sama. Soal harga, FX3 dibanderol $3900, lebih mahal $400 dari A7S III.