Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Sony Alpha 1 – Kamera Flagship dengan Keunggulan yang Mengerikan

Indri Penulis

Sony hadirkan kamera flagship Sony Alpha 1 dengan keunggulan yang mengerikan. Lalu apa saja keunggulan yang ditawarkan Sony Alpha 1?

Pertempuran sengit di dunia kamera resmi dimulai. Sony mengawalinya dengan meluncurkan kamera mirrorless full-frame andalannya yang bernama Alpha 1.

Serunya, kamera ini diklaim memiliki keunggulan yang mengerikan. Semengerikan apa sih keunggulan yang dimiliki Sony Alpha 1? Oke mari langsung kita lihat saja.

Spesifikasi dan Keunggulan Sony Alpha 1

Kecepatan yang Luar Biasa

Bisa dibilang, kecepatan yang luar biasa merupakan fitur utama dari Sony Alpha 1. Kamera ini dibekali sensor stacked CMOS dan prosesor cutting-edge Bionz XR.

Sensor dan prosesor di atas juga membuat kamera ini mampu memotret gambar 50,1MP hingga 30fps, dengan autofocus dan eksposur otomatis yang diaktifkan, dan memakai rana elektronik (senilai data 1.500MB/s). Dalam kecepatan tersebut, kamu bisa mengambil hingga 155 file RAW.

Menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan tampilan gambar bidikan tanpa blackout berkat jendela bidik elektronik (EVF) OLED 240Hz pertama di dunia (resolusi 9,44 juta titik dan bidang pandang 0,90X). EVF Alpha 1 juga punya refresh rate 2x lipat dan bidang pandang lebih besar.

Tetap Bagus Meski Memotret di Tempat Gelap

Alpha 1 memiliki rentang sensitivitas ISO 100 – 32.000 yang bisa ditingkatkan ke ISO 50 – 102.400. Hal ini membuatnya mampu memotret gambar dengan baik meski di tempat gelap.

Kemampuan tersebut juga dihasilkan lewat struktur back-illuminated (sensor), lensa gapless on-ship dan AR coated seal glass yang tertanam pada kamera.

Selain bisa memotret bagus di tempat gelap, spesifikasi di atas juga memungkinkan Alpha 1 punya reproduksi warna yang lebih bagus dan jangkauan dinamis hingga 15 stop.

Kamera yang Manjakan Videografer

Buat videografer, di Alpha 1 kamu bisa merekam video 8K 10-bit 4: 2: 0 pada 30fps secara internal (di kartu SD atau CFexpress), menggunakan full-width sensor. Video 8K yang dihasilkan juga sangat tajam, sebab sampelnya diambil dari ukuran gambar 8,6K.

Baca Juga:  Mobil Honda PS5 Dalam Wacana, Bakal Bisa Main PS di Mobil Nih?

Alpha 1 juga memungkinkan kamu merekam video 4K hingga 60fps (pakai full-width sensor), atau menambah small crop 1.1x jika kamu mengaktifkan image stabilization. Dan jika kamu memotret 4K (120p), video akan dipotong jadi Super 35mm dengan oversampling 5,8K.

Kamera juga dapat merekam dengan detail warna 10-bit 4: 2: 2 dan mode S-Log atau hybrid log-gamma (HLG), memakai kode HEVC/H.265 terbaru dari Sony dengan pengkodean intra-frame. Ada juga matriks warna S-Cinetone Sony yang sama seperti di Venice, FX6, dan kamera Cinema Line lainnya.

Sony Alpha 1 juga dibekali fitur autofokus yang sangat baik. Fitur ini bisa mengunci fokus mata pada manusia, hewan dan burung. Fitur ini berlaku untuk jepretan foto dan perekaman video.

Pelacakan autofokus juga berjalan lebih cepat dengan presisi 30% lebih besar dibanding kamera A9 II. Alpha 1 juga menjanjikan stabilisasi 5-axis in-body dengan 5.5 stop shake reduction.

Keunggulan Lainnya

Sony mengklaim Alpha 1 tidak cepat panas saat dipakai merekam video. Kamu bebas merekam video 8K/30p atau 4K/60p terus menerus hingga 30 menit tanpa khawatir kamera bakal panas.

Kamera ini dibekali slot kartu SD UHS II (lebih murah) dan CFexpress ganda (lebih cepat). Fitur lainnya ada port full HDMI, port mikrofon dan headphone, 10Gbps USB 3.2, dudukan multi-interface dengan digital audio, dan port ethernet gigabit.

Sony Alpha 1 dibekali baterai yang bisa menghasilkan 530 bidikan dalam sekali pengisian. Terakhir, kamera ini menawarkan kecepatan WiFi 802.11ac.

Harga dan Ketersediaan

Pre-order Sony Alpha 1 dibuka dengan harga $6.498 untuk bodi saja. Pengiriman akan dimulai tanggal 25 Februari 2021, dan tersedia di toko mulai Maret 2021 dengan harga $6.500 (bodi saja).

Baca Juga:  Panasonic Lumix GH6: Kamera Mirrorless Pertama dengan Sensor MFT 25,2MP

Yah, meski harganya $3.000 lebih mahal dibanding Canon EOS R5, tapi menurut saya ini tidak masalah. Khususnya buat kalangan fotografer dan videografer profesional.

Tertarik membeli?