Sony Bersiap Terjunkan PlayStation Ke Mobile Gaming

ilustrasi sony playstation mobile

Apa kamu ingin game PlayStation yang populer hadir di ponselmu? Kelihatannya Sony juga berpikiran sama. Kabar terbaru menyebutkan kalau Sony sedang ambil ancang-ancang untuk memasukkan game populer PlayStation ke wilayah mobile gaming.

Industri game papan atas kelihatannya sudah lagi tidak memandang mobile gaming dengan sebelah mata. Apalagi paska pandemi yang mulai melanda dunia tahun 2020.

Menurut IDC (via MarketWatch), pendapatan total bisnis video game mencapai $179,7 milyar di tahun itu. Hebatnya, porsi mobile gaming meraih 24%, sementara konsol 19,6% dan PC 11%. Bahkan itu belum termasuk pendapatan iklan.

Game PlayStation Masuk Dunia Mobile Gaming

Eurogamer menyajikan berita menarik. Mereka menyebutkan kalau ada lowongan pekerjaan untuk Head of Mobile, PlayStation Studios, SIE.

Mereka mencari orang yang akan “fokus pada adaptasi waralaba paling populer di PlayStation untuk perangkat bergerak.” Posisi baru ini juga akan memimpin unit bisnis baru di PlayStation Studio.

Selain itu, lowongan pekerjaan itu pun menyatakan bahwa sebuah rencana (roadmap) harus dibuat untuk pengembangan dalam jangka 3 sampai 5 tahun ke depan.

Pengalaman Sony

Saat ini, Sony sebenarnya sudah punya divisi penerbit permainan untuk perangkat bergerak, yang disebut PlayStation Mobile, Inc. Divisi ini sudah merilis aplikasi PS Remote Play, game Run Sackboy! Run, game puzzle Uncharted: Fortune Hunter, aplikasi VR God of War: Mimir’s Vision, dll. Divisi ini bahkan juga merilis beberapa permainan untuk PC.

Dulu, juga pernah ada ponsel Xperia Play di era Sony-Ericsson. Ponsel ini mendapat cap “PlayStation Phone.” Waktu itu, ada sekitar 60 judul game klasik PlayStation hadir di sana.

Saat ini gaming phone memang sedang seksi. Apakah Sony akan membuat gaming phone (lagi)? Di sisi lain, tidak sedikit pula game dari PC masuk ke smartphone. Seperti PUBG, Fortnite, League of Legends, CoD, dll. Bahkan ada yang crossplay. Mungkinkah mereka “hanya” akan menghadirkan game PlayStation untuk Android dan iOS?

Bagaimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: