Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

HomePod Mini – Speaker Cerdas Apple dengan Suara Mengagumkan

Indri Penulis

Apple resmi memperkenalkan produk baru HomePod mini. Sebuah speaker cerdas bertenaga dengan suara yang sangat mengagumkan.

Gelaran Apple Event 2020 telah selesai dilaksanakan. Seperti biasa dalam acara ini, Apple mengumumkan berbagai produk barunya seperti jajaran iPhone 12 Series.

Selain mengumumkan smartphone unggulannya, Apple juga mengumumkan produk lain yaitu speaker HomePod mini.

Fitur Menarik yang Ditawarkan Apple HomePod Mini

HomePod mini datang untuk melengkapi jajaran HomePad sebelumnya. Sesuai namanya, speaker ini datang dengan bentuk yang lebih kecil dan ringkas.

Sumber Gambar : Apple Newsroom

Speaker ini hanya memiliki tinggi 3,3 inci. Desainnya dibuat seperti jaring-jaring kecil. Membuatnya tidak hanya ringkas, namun juga terlihat futuristik.

Dibalik desainnya yang mungil, speaker ini menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang luar biasa. Speaker ini juga bisa menjadi asisten cerdas dan smart home dengan fitur keamanan bawaan yang terjamin.

Kecil-Kecil Cabai Rawit

Sebutan ‘kecil-kecil cabai rawit’ sepertinya cocok untuk HomePod mini. Karena walau bentuknya mini, tapi speaker ini mampu menghasilkan suara yang menggelegar.

Suara yang besar ini dihasilkan dari chip Apple S5 yang dibenamkan di HomePad mini. Chip ini bekerja dengan perangkat lunak canggih untuk menganalisis karakteristik unik musik, mengoptimalan kenyaringan dan mengontrol pergerakan musik.

HomePad mini juga menawarkan suara lebih jernih dengan bass lebih dalam. Kemampuan ini didapatkan dari driver full-range yang telah direkayasa Apple, serta adanya dukungan magnet neodymium dan sepasang radiator pasif penghilang gaya.

Sumber Gambar : Apple Newsroom

Asisten Cerdas yang Kuat

HomePod mini telah dilengkapi dukungan Siri. Membuatnya dapat menghadirkan pengalaman yang dipersonalisasi dan terintegrasi untuk pengguna iPhone.

Siri dapat mengidentifikasi siapa yang berbicara. Siri juga bisa menyesuaikan musik dan podcast dengan preferensi mereka. Siri juga dapat menanggapi permintaan seperti membuka pesan, catatan, jadwal kalender sampai melakukan panggilan telepon.

Baca Juga:  Apple Merencanakan Program Langganan Perangkat untuk iPhone

Canggihnya lagi, Siri dapat menampilkan kabar terbaru kepada pengguna. Seperti menampilkan berita terbaru, prakiraan cuaca hari ini, kondisi lalu lintas, pengingat, dan jadwal di kalender.

Smart Home Control dengan Sistem Intercom Baru

HomePod mini menawarkan akses smart home control yang lebih mudah dibanding pendahulunya. Lewat Siri pengguna bisa mengeluarkan perintah untuk mematikan lampu, mengubah suhu, mengunci pintu, atau mengatur suasana.

Speaker ini juga datang dengan fitur Intercom baru. Fitur ini akan memudahkan setiap anggota keluarga agar saling terhubung di rumah. Satu orang bisa mengirim pesan Intercom dari satu HomePod ke yang lain.

Semua anggota rumah bisa mendapat notifikasi Intercom, serta mengirim pesan Intercom dari sudut rumah mana pun. Fitur Intercom kompatibel dengan iPhone, iPad, Apple Watch, AirPods, dan CarPlay.

Sumber Gambar : Apple Newsroom

Privasi dan Keamanan Terjamin

Saat pengguna mengaktifkan Siri dengan sentuhan, informasi apa pun akan langsung dikirim ke server Apple. Semua informasi pribadi tidak akan dijual kepada pengiklan atau organisasi lain. Jadi bisa dibilang speaker ini sangat aman dan terpercaya.

Fitur Tambahan

HomePod mini masih punya berbagai fitur tambahan. Seperti pintasan Siri di iPhone dan iPad yang bisa diakses di HomePod. Lewat fitur ini, pengguna bisa meminta Siri di HomePod mini untuk mengerjakan tugas apa pun.

Kemudian ada juga fitur Ambient Sounds, Find My (untuk menemukan iPhone, iPad, Mac, atau Apple Watch yang hilang), Music Alarm, dan Web Search (hasil pencarian web di speaker bisa dikirim langsung ke iPhone).

Harga dan Ketersediaan

HomePod mini tersedia dalam warna putih dan abu-abu. Speaker ini dibanderol dengan harga $99 dan bisa didapatkan lewat situs apple.com, aplikasi Apple Store, atau toko fisik Apple Store.

Baca Juga:  Kapasitas Baterai iPhone 14 Series Terungkap!

Sementara itu, HomePod mini kompatibel dengan iPhone SE, iPhone 6s atau yang lebih baru, iPod Touch (Gen-7) yang menjalankan iOS 14, iPad Pro, iPad (Gen-5 atau lebih baru), iPad Air 2 atau lebih baru, iPad Mini 5 atau lebih baru yang menjalankan iOS 14.