Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Resmi Meluncur! Inilah Spesifikasi realme 9 pro dan realme 9 Pro+

Indri Penulis

Realme 9 Pro dan 9 Pro+ resmi hadir dengan spesifikasi menarik. Seperti chipset kelas menengah yang kuat, baterai besar, kamera utama 50MP, dll.

Akhirnya setelah lama dinanti, realme 9 Pro Series akhirnya resmi diluncurkan. Peluncuran realme 9 Pro Series dilakukan di India. Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya seri ini hadir dalam dua model yakni realme 9 Pro dan realme 9 Pro+, dengan realme 9 Pro+ sebagai model termahalnya.

Sekarang mari kita lihat seperti apa spesifikasi yang ditawarkan oleh realme 9 Pro dan realme 9 Pro+. Apakah sama seperti gosip-gosip yang beredar sebelumnya? Ayo kita buktikan.

Realme 9 Pro+

Realme 9 Pro+ menyajikan spesifikasi yang memukau. Ponsel ini hadir dengan layar AMOLED 6,43” beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz. Ponsel ini juga dibekali pemindai sidik jari di bawah layar. Sesuai rumornya, sensor tersebut juga bisa mengukur detak jantung pengguna.

Untuk jeroannya, realme 9 Pro+ mengandalkan chipset Dimensity 920 dengan kemampuan 5G. Fyi, Dimensity 920 adalah salah satu chipset kelas menengah terkuat. Chipset tersebut lalu digabungkan dengan RAM 6GB/8GB serta penyimpanan internal 128GB/256GB.

Dalam hal kamera, realme 9 Pro+ datang dengan triple-camera belakang dengan sensor utama Sony IMX766 50MP f/1.8. Ini adalah sensor yang juga dipakai di ponsel flagship seperti OPPO Find X3 Pro dan realme GT 2 Pro, membuat kamera realme 9 Pro+ setara dengan ponsel kelas unggulan. Sedangkan dua kamera lainnya terdiri dari ultrawide f/2.2 dan unit makro 2MP f/2.4. Sementara kamera depannya berukuran 16MP.

Realme 9 Pro+ hadir dengan baterai 4.500mAh dengan dukungan pengisian SuperDart 60W. Walau mungkin terdengar lebih lambat daripada 65W milik realme 7 Pro, tapi sebenarnya teknologi ini sedikit lebih unggul lho. Sebab ia hanya butuh waktu 45 menit agar baterai ponsel terisi penuh (2 menit lebih cepat dari 65W).

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Flex Mode di Ponsel Samsung Galaxy Fold & Flip

Ponsel ini hadir dengan tiga warna yakni Aurora Green, Midnight Black dan Sunrise Blue. Tapi yang paling menarik adalah Sunrise Blue.

Varian warna Sunrise Blue punya lapisan photochromic yang membuatnya bisa berubah warna dari biru jadi kemerah-merahan saat terkena sinar matahari. Warna ponsel akan kembali jadi biru dalam waktu 5 menit.

Untuk harganya, varian 6GB/128GB dibanderol $335 atau sekitar Rp 4,7 juta, varian 8GB/128GB dibanderol $360 atau sekitar Rp 5,1 juta, dan varian termahal 8GB/256GB dibanderol $385 atau sekitar Rp. 5,4 juta.

Realme 9 Pro

Kita beralih ke varian yang lebih terjangkau. Realme 9 Pro hadir dengan layar yang lebih besar dari realme 9 Pro+ yakni 6,6 inci. Layar tersebut juga mendukung refresh rate yang lebih tinggi yakni 120Hz, tapi panelnya masih LCD. Itu artinya, ponsel ini nggak mendukung sensor sidik jari dalam layar. Sebagai gantinya, sensor tersebut diletakkan di bodi samping ponsel.

Untuk bagian dalamnya, realme 9 Pro disokong chipset Snapdragon 695 dan mendukung konektivitas 5G. Chipset tersebut kemudian digabung dengan RAM 6GB/8GB dan penyimpanan 128GB.

Untuk kameranya, ponsel ini hadir dengan triple-camera yang terdiri dari sensor utama 64MP + ultrawide 8MP + makro 2MP. Sementara kamera selfie-nya berukuran 16MP.

Dalam hal daya tahan, ponsel ini hadir dengan baterai yang lebih besar yakni 5.000mAh. Tapi ia cuma mendukung pengisian cepat 33W.

Realme 9 Pro hadir dalam warna Blue, Green dan Black. Untuk harganya, varian 6GB/128GB dibanderol $240 atau sekitar Rp 3,4 juta. Sedangkan varian 8GB/128GB dibanderol $280 atau sekitar Rp 3,9 juta.

Oya, yang tertera di atas adalah harga realme 9 Pro Series di luar negeri. Sengaja saya tulis untuk bahan perbandingan. Belum ada informasi kapan mereka akan meluncur di Indonesia. Tapi kalau rilis di Indonesia, mungkin akan ada sedikit perbedaan harga.