Split Screen Android Bikin Multi-Tasking Lebih Asik

split screen android

Apa kamu pernah memakai split screen Android? Fitur ini bisa membuatmu memakai dua aplikasi berjejeran. Fitur ini asik dan cocok untuk multi-tasking.

Mungkin ada yang bingung, buat apa multi-tasking dua aplikasi bersamaan di handphone? Yah, siapa tahu kamu mau menonton video YouTube sambil ngobrol dengan teman di WhatsApp. Ahem, YouTube sebenarnya juga sudah punya fitur chatting sambil nonton video. Tapi siapa tahu kamu mau pilihan lain.

Tampilan fitur split screen Android seperti di bawah ini. Fitur ini mendukung format layar vertikal (portrait) maupun horizontal (landscape).

tampilan vertikal split screen android

Tampilan vertikal

tampilan horizontal split screen android

Tampilan horizontal

Fitur ini mulai hadir di Android 7.0 Nougat. Di Android 8.0 Oreo, Google menambahkan fitur picture-in-picture untuk multi-tasking.

Harap diperhatikan, cara menggunakan split screen mungkin akan berbeda untuk tiap merk handphone. Google juga merubah sedikit cara menggunakan fitur ini di Android P. Untuk sementara ini, kami membahas yang ada di Android 7 Nougat.

Cara Menggunakan Split Screen Android
  1. Tekan tombol kotak di navigasi (untuk melihat aplikasi terakhir yang sudah terbuka),
  2. Tekan dan tahan salah satu aplikasi, lalu geser ke atas (akan muncul bidang split screen),
  3. Setelah aplikasi itu ada di atas, tekan salah satu aplikasi lain yang ada di bidang bawah.
  4. Voila! Ganteng ????????
menggunakan split screen android

Cara menggunakan split screen (Android 7 Nougat)

Dengan cara ini kamu bisa berpindah aplikasi dengan cepat. Tinggal pilih salah satu lalu lakukan aktivitas, lalu pindah ke yang lain untuk berganti kegiatan. Jadi tidak perlu bolak-balik.

Tentu saja, hal itu juga tergantung aplikasi bersangkutan. Ada yang tampilannya bersahabat dengan split screen, ada yang tidak.

Oya, aplikasi yang ada di atas akan diutamakan. Maksudnya, kalau dalam mode split screen kamu menekan tombol Home, lalu kembali membuka aplikasi terakhir, maka aplikasi itu akan tetap berada di posisi atas.

Lalu bagaimana kalau mau meninggalkan mode split screen ini? Mudah, geser saja garis pembatas aplikasi (ada garis putih) ke bawah. Aplikasi yang berada di atas segera kembali ke mode full screen.

hapus split screen

Meninggalkan mode split screen

Namun memang karena layar handphone terbatas, fitur ini tetap tidak ideal dalam kondisi tertentu. Ambil saja contoh yang saya pakai di atas, menonton YouTube (di bagian atas) sambil ngobrol di WhatsApp (di bawah). Ketika kamu mengetik, keyboard akan mendorong layar ke atas sehingga tampilan YouTube nyaris tidak terlihat. Tapi kalau sekedar untuk menonton sambil membaca gosip dari teman, ya tidak masalah.

Yah, itulah fitur split screen Android. Enak tidaknya dipakai tergantung pengalaman masing-masing. Tapi paling tidak fitur ini membuat kita tidak harus bolak-balik tekan tombol dan pindah aplikasi. Betul?

Ada komentar?