Spot Foto Tanjung Kelayang yang Instagramable

Indonesia punya ribuan destinasi wisata yang menarik, salah satunya di Tanjung Kelayang yang terletak di pulau Belitung.Ā Daerah ini terkenal dengan surganya pantai. Jadi di Pulau Belitung kalian bisa menemukan berbagai wisata pantai yang cantik.

Tanjung Kelayang sudah ditetapkan sebagai daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)oleh pemerintah Indonesia. Tempat ini memiliki banyak pulau dan pantai yang bisa dijelajahi dan memiliki pemandangan menakjubkan yang sangat cocok untuk mebanjiri konten Instagram kalian.

Pantai-pantai di Tanjung Kelayang memiliki pasir putih dan didominasi oleh batuan granit.

Dan inilah beberapa spot di Tanjung Kelayang yang memilikiĀ landscape Instagramable.

Destinasi Wisata Tanjung Kelayang Instagramable

Pulau Lengkuas

Jika di benak kalian Pulau Lengkuas dipenuhi oleh tanaman lengkuas, maka itu salah. Sebenarnya ā€˜Lengkuasā€™ yang dimaksud di sini hanya sebutan untuk nama pulau.

Menurut Bapak Rohili selaku Kepala BidangĀ Pemasaran Dinas Pariwisata Belitung, Lengkuas berasal dari kata Lighthouse, karena di sana terdapat mercusuar yang masih aktif. Kata lighthouse ini terdengar seperti kata lengkuas di telinga mereka.

Tidak hanya mercusuar, di Pulang Lengkuas kalian juga akan disuguhi pemandangan batu granit. Batuan granit berukuran besar akan tersebar di bibir pantai.

Masih ada satu lagi keistimewaan Pulau Lengkuas. Pulau ini memiliki ā€˜Telaga Bidadariā€™ yang ada di tengah. Uniknya, telaga ini baru terisi air ketika laut pasang.

Pulau Pasir

Sesuai namanya, pulau ini diisi oleh daratan pasir halus. Berbeda dengan pulau lainnya, Pulau Pasir tidak punya batuan granit. Oya, di pulau ini kalian bisa menemukan bintang laut dengan ukuran super besar lho.

Jika ingin mengujungi pulau ini, saya sarankan ketika pagi atau siang hari. Kenapa begitu? Sebab saat itu air laut sedang surut, sehingga landscape Instagramable pulau ini akan lebih jelas.

Pulau Batu Berlayar

Jika dibandingkan dengan pulau lainnya, Pulau Batu Berlayar adalah yang paling kecil. Selain itu, batuan granit yang ada di pulau ini tidak terlalu besar.

Walau begitu, Pulau Batu Berlayar tidak boleh kalian lewatkan. Jika dilihat dari kejauhan, salah satu batu granit yang ada di pulau ini mirip dengan layar kapal yang sedang dibentangkan.

Selain itu, pulau ini sangat cocok untuk pecinta snorkeling. Sebab spot snorkeling di pulau ini katanya tidak kalah dengan Wakatobi.

Pulau Garuda

Pulau Garuda adalah spot yang paling dekat dari Tanjung Kelayang. Untuk menempuh perjalanan ke Pulau Garuda, kalian hanya butuhkan waktu 10 menit.

Kalian mungkin penasaran tentang alasan penamaan pulau ini. Kenapa bisa dinamakan Pulau Garuda? Sebab salah satu batu granit di pulau ini ada yang menyerupai burung garuda.

Sayangnya pengunjung hanya bisa mengamati Pulau Garuda dari atas perahu. Hal ini karena Pulau Garuda tidak boleh disinggahi untuk menjaga keaslian ekosistem.

Pulau Kepayang

Jika kalian. mengambil paket wisata, setelah capek menyusuri beberapa pulau sebelumnya, kalian akan dibawa ke pulau Kepayang.

Jadi di pulau ini kalian bisa wisata kuliner sambil istirahat setelah tour laut. Selain itu, mata kalian akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang Instagramable.

Pulau Kelayang

Pulau Kelayang adalah tujuan yang bisa kalian kunjungi setelahnya. Pulau ini tidak hanya menawarkan pemandangan laut, tapi kita juga bisa berenang di sela-sela batu besar yang ada di pulau itu.

Berbeda dengan pulau-pulau lain di Tanjung Kelayang, untuk menuju batu granit dengan pemandangan yangĀ instagrammable,Ā kita butuh sedikit usaha untuk menuju kesana.

Nah itulah beberapa tempat yang bisa menjadiĀ spotĀ foto yang sangatĀ InstagramableĀ di Tanjung Kelayang, Belitung. Tapi jika kalian kesana, jangan lewatkan untuk menikmati makanan khas seperti Gangan dan aneka hidangan laut yang bakal bikin lidah menari.