Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Membuat Foto Landscape Instagramable dengan Smartphone

Membuat foto landscape yang bagus tidak harus menggunakan kamera DSLR. Kalian bisa membuat foto landscape Instagramable dengan smartphone.

Kehadiran Instagram membuat orang berlomba-lomba mengunggah foto yang bagus. Salah satu jenis postingan yang Instagramable adalah foto landscape.

Untuk menghasilkan foto landscape Instagramable, kalian tidak perlu menggunakan kamera DSLR. Dengan teknik yang benar, kalian bisa dapatkan gambar landscape yang bagus.

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum memotret gambar dengan ponsel. Berikut ini beberapa hal yang dipersiapkan sebelum mengambil gambar landscape dengan ponsel:

Sumber Gambar : A World Travel

Pertimbangkan Penggunaan Tripod

Ukuran dan berat smartphone kerap jadi masalah ketika memotret gambar. Kita ketahui, smartphone memiliki bentuk tipis sehingga ringan.

Desain ponsel kadang membuat proses pengambilan gambar jadi rumit. Terlebih jika mengambil gambar di daerah berangin kencang atau berbatu, menyebabkan gambar mudah blur.

Saat ini ada banyak smartphone yang dilengkapi teknologi anti blur. Meski begitu, sebaiknya kalian tetap menggunakan bantuan tripod saat mengambil gambar.

Letakkan ponsel di tripod kecil untuk mengambil gambar landscape. Penggunaan tripod membuat hasil gambar landscape lebih stabil dan tidak blur.

Pengaturan Kamera Manual VS Otomatis

Kamera DSLR memiliki pengaturan lengkap untuk memotret. Pengaturan manual kamera DSLR belum tentu dimiliki smartphone biasa.

Walaupun tidak punya fleksibilitas seperti DSLR, tapi jangan putus asa dulu. Kalian tetap bisa memanfaatkan pengaturan otomatis yang ada pada smartphone.

Salah satu smartphone yang memiliki pengaturan kamera otomatis adalah Sony Xperia XZ2 Compact. Ponsel ini punya Superior Authomatic Mode.

Mode ini memungkinkan pengguna memotret gambar dengan kualitas terbaik. Kalian tidak perlu melakukan pengaturan manual untuk mendapatkan hasil maksimal.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, berikut ini tips untuk mengambil gambar landscape dengan ponsel:

Sumber Gambar : Focus Myanmar

Membuat Foto Landscape dengan Smartphone

Prinsip mengambil gambar landscape dengan DSLR maupun ponsel sebenarnya sama. Hanya saja, kita perlu menyesuaikan diri dengan kekurangan kamera smartphone.

Lensa Wide

Kamera smartphone umumnya punya lensa lebih lebar. Lensa yang lebar bisa kalian manfaatkan untuk memperoleh foto ruang terbuka atau pemandangan langit.

Mengubah Perspektif

Jika diangkat, smartphone tentu tidak seberat DSLR. Jadi kalian lebih mudah mendapat gambar dari sisi yang lebih tinggi atau rendah.

Saat mengambil gambar landscape, gunakan tripod untuk menyangga ponsel. Dengan begitu, kalian bisa memperoleh hasil yang lebih tajam dan stabil.

Foreground (Latar Depan)

Lensa yang lebar memang membuat pemandangan jadi lebih luas. Tapi hal ini kadang membuat orang lain sulit fokus dan gambar jadi tidak menarik.

Carilah latar depan yang menarik, tapi usahakan tetap mendapat angle pemandangan di belakang. Kalian bisa mencari bebatuan atau tanaman untuk mengatasi hal ini.

Leading Lines

Ini adalah teknik memanfaatkan garis pada gambar. Mencari garis untuk memandu mata melalui gambar adalah cara lain untuk membuatnya lebih lebar.

Selain terlihat lebar, kalian tetap bisa mendapat latar belakang yang indah. Teknik ini bisa dicoba pada lapangan atau area luas dengan pagar pembatas di pinggirnya.

Jangan Diperbesar

Ponsel berspesifikasi tinggi biasanya dilengkapi kamera ganda. Kamera ganda bisa digunakan untuk memperbesar gambar, tapi saya sarankan jangan gunakan teknik ini.

Zoom biasanya digunakan untuk memperbesar dan memotong gambar. Tapi disisi lain zoom juga bisa mengurangi kualitas gambar.

Jika ingin memotong gambar, lakukan hal ini saat selesai memotret. Kalian bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk memotong gambar.

Sumber Gambar : All PC World

Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Gambar hasil kamera smartphone biasanya memiliki format JPEG. Untuk membuka gambar JPEG, kalian bisa menggunakan fitur Camera RAW di aplikasi PhotoShop.

Berikut tips mengedit foto dengan Adobe PhotoShop:

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop.
  • Klik menu β€˜File > Open As.’
  • Setelah itu, buka gambar yang ingin kalian edit.
  • Pilih opsi β€˜Camera RAW’ yang ada di bawah judul gambar.
  • Klik tombol β€˜Open.’

Kini bisa mengedit gambar sesuai selera. Kalian dapat meluruskan Highlight, menaikkan Shadows, mengatur Exposure, atau menambah beberapa Clarity dan Definition.

Download PhotoShop

Itulah beberapa tips mengambil gambar landscape Instagramable dengan ponsel. Jangan berkecil hati dengan ponsel kalian, maksimalkan ponsel dan potretlah gambar yang Instagramable.

More Stories
Tips Mengirim Berbagai Jenis File Attachment Lewat Email