Spotify Rilis Aplikasi Greenroom, Pesaing Clubhouse Tambah Lagi Nih!

Tambah lagi pesaing Clubhouse! Spotify resmi luncurkan aplikasi audio room Greenroom. Aplikasi ini tersedia buat pengguna Android dan iOS.

Maret lalu Spotify (bersama LinkedIn) mengumumkan kalau mereka tengah mengembangkan aplikasi audio room. Mereka juga telah mengakuisisi perusahaan Betty Labs, pengembang aplikasi Locker Room (platform audio room khusus iOS buat penggemar olahraga).

Waktu itu belum ada kabar apakah aplikasi audio room Spotify bakal tetap memakai nama Locker Room atau tidak. Tapi yang jelas, Spotify berjanji akan memperluas jangkauan aplikasi Locker Room supaya bisa diakses semua orang.

Kini semuanya sudah jelas. Spotify tak lagi memakai nama Locker Room. Sebagai gantinya mereka resmi menamai aplikasi audio room-nya dengan “Greenroom.”

Ada Apa Saja di Aplikasi Spotify Greenroom?

Greenroom memungkinkanmu bergabung, bikin ruang obrolan langsung, dan merekam percakapan di ruang obrolan. Meski dia diluncurkan oleh Spotify, tapi dalam penggunaannya kamu tak membutuhkan akun Spotify.

Walau pun Spotify mengatakan kalau aplikasi ini telah diluncurkan di Android dan iOS, namun saat saya menulis artikel ini, saya belum menemukannya di Play Store. Mungkin peluncurannya dilakukan secara bertahap atau saya saja yang kurang beruntung.

Jadi dikutip dari situs tersebut, saat pertama kali memakai aplikasi Greenroom, kamu bakal melihat banyak opsi berbau olahraga (tak heran sih, mengingat Greenroom bekas aplikasi audio room olahraga).

Mungkin karena Greenroom baru diluncurkan, jadi untuk sementara topik yang muncul juga masih bertema olahraga. Siapa tahu seiring berjalannya waktu, bakal muncul berbagai topik ‘di luar olahraga’ juga. Nggak mungkin juga Greenroom cuma bertema olahraga, apalagi kalau mereka benar-benar pengin membidik banyak orang.

Di sisi lain, Spotify tak hanya meluncurkan Greenroom. Mereka juga turut mengumumkan Spotify Creator Fund, yakni layanan untuk kreator audio Greenroom yang pengin memonetisasi karya mereka.

Untuk sementara ini belum ada banyak informasi yang terungkap soal layanan tersebut. Tapi Spotify mengajak konten kreator mereka untuk mendaftar ke layanan Creator Fund untuk mendapatkan update informasi lebih lanjut.

%d blogger menyukai ini: