SPS Football: Satu lagi Game Sepak Bola Ajaib

Anom Penulis

sps football

Ada satu lagi game sepak bola ajaib di Windows Phone. Setelah Head Soccer, ini ada SPS Football. Permainannya cukup mirip. SPS Football juga merupakan pertandingan sepak bola, dengan bumbu action.

Ada perbedaan di antara keduanya. Di SPS Football, kekuatan tendangan bisa diatur. Arah tendangan pun bisa diarahkan. Kemampuan ini juga berhubungan dengan tantangan di setiap level permainan.

Perbedaan lainnya, di SPS Football, musuh lebih pasif (kecuali pemain musuh yang–kalau pakai istilah game ini– mem-bully, alias yang badannya besar). Jadi rata-rata musuh hanya diam saat kita menyerang, dan langsung gugur kalau terkena bola kita (kecuali yang pakai armor atau yang mem-bully).

arah tendangan sps football

kena sasaran sps football

Kontrol arah dan kekuatan tendangan kita atur melalui virtual contoller di sebelah kiri layar. Semakin jauh kita menggeser arah kontrol semakin kuat tendangan. Selain mengarahkan bola ke lawan, idealnya bola tersebut juga sampai ke pemain kita berikutnya, dan demikian seterusnya sampai mendekati gawang.

Kita tidak bisa mencetak gol kalau pemain lawan belum semuanya tumbang. Kalau semua sudah kalah, bola akan berubah jadi bola api, dan kita bisa mencetak gol.

Selama permainan, akan ada hitungan waktu. Kalau kita belum bisa mencetak gol sampai waktu habis, secara otomatis kita kalah. Semakin cepat kita mencetak gol, semakin baik. Yang saya rasa agak repot di sini adalah, ketika tinggat kesulitan bertambah, di beberapa permainan hitungan mundurnya tidak disesuaikan, alias masih terasa kurang. Padahal mungkin butuh waktu berpikir untuk menentukan strategi yang tepat. Memang sih, kita bisa menambah waktu dengan membayar koin. Tapi kok rasanya tetap agak kurang proporsional.

diawasi wasit sps football

Seiring bertambahnya level, tentu saja tantangannya bertambah. Salah satunya dengan hadirnya wasit. Menurut saya, kehadiran wasit jadi tantangan yang menarik. Kalau kita menyikat musuh dalam jangkauan pandangan wasit (sensor warna merah), pemain bersangkutan mendapat kartu merah dan langsung gugur. Ada juga kartu kuning kalau bola melintas di pandangan wasit tanpa mengenai lawan.

Selain tantangan tambahan, seperti pemain berbadan besar dan wasit, lapangan pertandingan juga akan berubah. Di level yang lebih sulit bisa menghadirkan bidang pijakan bergerak, paku-paku (yang mengempeskan bola), bidang pijakan yang rapuh, dll.

rintangan sps football

Oya, kalau bola jatuh di tempat yang jauh dari pemain, kita bisa mendapatkannya kembali dengan menekan controller. Bola langsung akan kembali ke pemain sebelumnya. Kalau bola jatuh di depan gawang musuh (belum gol), tapi di belakang kiper. Bola akan otomatis bergulir perlahan masuk ke dalam gawang. Agak aneh memang.

Game SPS Football ini memang lumayan seru. Apalagi gratis. Tapi sebagai gantinya, tampilan permainan agak terganggu dengan adanya bidang iklan yang cukup besar. Kalau mau menghilangkan, ya harus membeli game sepak bola ini. SPS Football yang memiliki besar 40 MB cuku mendapat apresiasi baik di bursa Windows Phone. Game ini bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1, juga di ponsel dengan RAM 512.

Doanload: SPS Footballgratis

QR code:

qr code sps football

    %d blogger menyukai ini: