Starman: Hal Paling Keren Yang Bisa Kita Lihat Saat Ini

starman dari spacex

SpaceX mengirim Starman — sesosok manekin dengan baju astronot — yang duduk di mobil Tesla Roadster sambil mendengarkan lagu Space Oddity ke luar angkasa. Perjalanan Starman ini mungkin menjadi hal yang paling keren yang bisa kita lihat saat ini.

Luar angkasa sudah jadi obsesi kita sejak lama. Imajinasi soal itu muncul dalam berbagai bentuk. Star Wars dan Star Trek adalah contoh paling mudah.

Dalam hal ini, Star Trek mungkin cukup mendekati obsesi tersebut. Terutama kalimat dari Star Trek yang berbunyi: “Space: the final frontier. These are the voyages of the starship Enterprise. Its five-year mission: to explore strange new worlds. To seek out new life and new civilizations. To boldly go where no man has gone before!“.

Namun siapa yang mengira terobosan luar angkasa terbaru hadir dalam bentuk paling aneh. Sebuah manekin yang duduk di dalam mobil, berpetualang di luar angkasa sambil mendengarkan lagu rock.

BACA JUGA
Bagaimana Koneksi 5G Akan Merubah Gaya Hidup?

SpaceX dan Perjalanan Luar Angkasa

SpaceX adalah sebuah perusahaan pembuat perangkat dan transportasi luar angkasa milik Elon Musk. Sedangkan Elon Musk sendiri adalah orang yang membuat PayPal (yang dibeli eBay pada 2002), Tesla, Inc. (yang membuat mobil elektronik dan panel matahari), dan Neurallink (yang bergerak di teknologi syaraf otak).

Salah satu produksi SpaceX adalah roket Falcon Heavy. Roket ini diproyeksikan sebagai sarana yang mampu mengangkut beban lebih dari 50.000 kg ke orbit Bumi dan (sebagian roket) bisa kembali untuk dipakai lagi. Saat ini Falcon Heavy merupakan salah satu roket paling kuat di Bumi.

perbandingan kekuatan falcon heavy

Perbandingan kekuatan roket Falcon Heavy (foto: SpaceX)

Selain itu, SpaceX juga merancang baju antariksa dan kapsul penumpang (Dragon Capsule). Tujuannya tentu saja bisa mengangkut manusia dalam perjalanan luar angkasa. Salah satu impiannya adalah misi ke Mars.

Dengan perjalanan Starman, SpaceX memberikan demonstrasi kemampuan Falcon Heavy dan baju antariksa tersebut. Yah, termasuk kemampuan mobil Tesla juga.

Starman Menjadi Inspirasi

Walaupun teknologi yang dibangun SpaceX memang luar biasa, hal yang paling menarik dari perjalanan Starman ini adalah bagaimana ia menjadi inspirasi bagi orang banyak.

Cara SpaceX mengemas teknologinya memang seru. Bisa kita lihat dari nama-nama yang ada. Manekin yang disebut Starman, kapal drone (ASDS) yang disebut “Of Course I Still Love You” dan “Just Read the Instructions”, roket Falcon Heavy, dll.

made on earth by humans

Begitupun demonstrasi peluncuran Falcon Heavy dan Starman. Seperti sudah saya sebut di atas, SpaceX melakukannya dengan cara luar biasa. Meletakkan manekin berbaju antariksa (Starman) di dalam mobil Tesla Roadster, mengirimnya ke luar angkasa, sambil memutar lagu Space Oddity dari David Bowie.

Tidak hanya itu. Peluncuran Falcon Heavy disaksikan oleh orang banyak. Baik secara langsung di lokasi maupun streaming di Internet. Semua orang bersorak. Termasuk Elon Musk, sang CEO SpaceX.

Setelah peluncuran sukses berjalan, kejutan belum selesai. Kamu bisa mengikuti secara langsung apa yang dilihat oleh Starman (dari kamera di mobil). Yah, paling tidak sampai sekitar 4 jam setelah mobil Tesla Roadster keluar dari kapsul.

Harus diakui, pemandangannya cukup bikin merinding (yah, kalau kamu bukan kaum bumi datar sih).

Elon Musk mungkin adalah seorang milyuner eksentrik. Ia juga salah seorang visioner hebat di era ini. Bagai raja Midas yang sentuhannya merubah semua benda jadi emas, Elon Musk seolah bisa mewujudkan mimpi jadi nyata.

Kalau ada kontroversi yang muncul — anggapan bahwa peluncuran Falcon Heavy hanya animasi CGI — bisa kita maklumi. Visi besar biasanya memang mengundang kontroversi.

Tapi coba kita endapkan sebentar. Bahkan hanya sekedar ide saja — mengirim Starman di mobil ke luar angkasa — sudah merupakan suatu hal yang keren. Itu baru dari sisi imajinasi.

Berhasil melakukannya dan berjalan dengan sukses merupakan inspirasi lebih jauh. Inilah yang membuat perjalanan Starman di luar angkasa menjadi hal paling keren yang bisa kita lihat saat ini.

BACA JUGA
Jeff Bezos Membangun Jam 10.000-Tahun

Kamu bisa melihat proyeksi perjalanan Starman beserta mobil Tesla Roadster milik Elon Musk di website whereisroadster.

SpaceX juga merilis video berisi cuplikan peluncuran Falcon Heavy dan Starman yang diiringi lagu Live on Mars dari David Bowie (kelihatannya mereka memang fans berat David Bowie).

Ada komentar?