Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Steam Tidak Bisa Diakses? Udah Kayak Situs Bokep Aja!

Steam Tidak Bisa Diakses? Udah Kayak Situs Bokep Aja!

Seminggu lalu warganet sempat ramai membahas tentang PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) dari kominfo. Beberapa platform besar kemarin sempat hampir telat tidak mendaftarkan dan dapat beresiko diblokir karena tidak mengantongi izin.

Memang, Kominfo sempat menyatakan akan memblokir steam jika tidak segera mendaftarkan diri pada PSE. Hanya tidak menyangka saja kalau bakal diblokir beneran, pagi ini steam tidak bisa diakses. sungguh disayangkan..

popculture.id

Kominfo Kumat, Ternyata Bukan Hanya Steam!

Jumat kemarin Kominfo dalam kesempatan persnya memang menyebutkan beberapa layanan penyedia platform sudah menerima surat peringatan. Dan sampai batas akhir yaitu pada Jumat, 29 Juli 2022 pukul 23:59 belum melakukan pendaftaran.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan pagi ini (30/7/2022) membenarkan bahwa terdapat delapan PSE Lingkup Privat yang diblokir Kominfo. Di antaranya yaitu Yahoo search engine, Steam, Dota, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.

Netizen sempat protes lewat cuitan di sosial media bahwa Yahoo sendiri pada saat ini masih dapat digunakan, dan yang lain sudah tidak dapat digunakan.

Jika dilihat dari proses yang telah dilalui, Kominfo sebenarnya pada tanggal 22 Juli 2022  telah memberikan himbauan untuk segera mendaftarkan kewajiban PSE. Setelahnya juga sudah memberi tenggat waktu kesempatan 5 hari kerja terhitung sejak 25 Juli 2022. Sehingga tenggat waktu tersebut berakhir semalam.

Gamer Apa Kabar?

Peristiwa yang cukup menyedihkan ini secara langsung dirasakan oleh para gamer. Apalagi pemblokiran ini juga terjadi pada hari sabtu atau weekend, dimana banyak orang yang ingin bersantai sambil bermain game.

Yang paling sedih ya streamer gaming, atau para konten kreator yang bergerak di bidang game yang bergantung dengan platform seperti Steam.

Kominfo seharusnya juga memikirkan dampak yang ditimbulkan dari pemblokiran tersebut. Toh juga seharusnya menjadi kepentingan bersama, terutama rakyat Indonesia. Katanya pengen berkembang di E-sport. Hmm..

Coba aja kunjungi web steam, maka kamu akan diarahkan pada keterangan bahwa situs tidak dapat diakses layaknya situs bokep. Meski beberapa game memang masih bisa dimainkan, namun beberapa fitur onlinenya atau platform sosial game tidak dapat diakses.


Kita sebagai pemain-pemain game tentu berharap semoga permasalahan ini segera diselesaikan. Apabila jika berlarut-larut seperti ini, tentu akan membuat semakin sulit berkembang di dunia ESport. Juga kita berharap dari pihak Steam segera mendaftarkan kewajiban PSE agar dapat kembali berselancar di dunia game.

    %d blogger menyukai ini: