Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Steam vs Origin: Lebih Bagus Mana?

Jika membahas game-game sekarang ini, gak akan lepas dari dari dua platform Steam dan Origin. Game-game unggulan dari masing-masing platform tersebut seperti DOTA2, CS:GO, PUBG, milik Steam dan FIFA, The Sims, Need For Speed, milik Origin.

Sekarang mari coba kita buat perbandingan diantara dua platform tersebut. Mana yang lebih bagus?

Jumlah Game

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Dari perbandingan point pertama, jelas Steam lebih unggul daripada Origin. Karena Steam memiliki ribuan game dari ribuan developer, bahkan developer Indonesia pun ikut berpartisipasi di Steam dengan game genre horornya, DreadOut.

Sedangkan untuk Origin, koleksinya ga sebanyak Steam, hanya game-game buatan Electronic Arts saja yang bisa kalian temukan di sana.

Free Game

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Perbandingan point ke-2 pun Steam masih unggul dengan banyaknya pilihan game gratis seperti DOTA2, Team Fortress 2, Warframe, dan masih banyak ratusan game gratis lainnya. Sedangkan game gratis yang ada di Origin, hanya ada di menu On the House. Sisanya ya Demo dan Trial untuk beberapa jam.

Proses Beli Game

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Baik Steam maupun Origin, para player yang membeli game akan menerima retail CD Key. Sayangnya, Origin tidak seperti Steam yang memiliki fitur gift game yaitu mengirimkan game tertentu untuk orang lain.

Metode Pembayaran

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Dari segi metode pembayaran, sayangnya Origin hanya menyediakan via Kartu Kredit dan PayPal. Untuk kita yang tinggal di Indonesia, sepertinya sangat sulit jika ingin memainkan game dari Origin. Kecuali kamu membeli game Origin melalui perantara yang menjual game-game Origin, silakan ke Mbah Gugel.

[irp posts=”45497″ name=”Fitur Baru Steam: Digital Gift Card”]

Sedangkan Steam, kamu bisa membeli menggunakan Kartu Kredit, PayPal, Voucher Steam Wallet yang sudah tersedia di minimarket Indonesia, atau kamu juga bisa topup saldo jika kamu sudah terdaftar di website payment gateway seperti UniPin, Mol Point, dan lainnya.

Interaksi Sosial

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Kedua platform tersebut menyediakan fitur chatting ke list teman-teman yang kamu punya. Tapi, untuk Origin, jumlah teman dibatasi hingga 100 orang sedangkan di Steam kamu bisa nge-add lebih dari 250 orang dan akan ada tambahan limit kalau Steam Level kamu naik.

Untuk pengguna baru, user Origin langsung bisa menambahkan orang lain di friendlist-nya dan Steam tidak bisa.

Experience

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Di Steam kamu bisa menaikan tingkatan (level) dengan banyak cara seperti memberikan review kepada game-game, memasukan game ke whislist, live streaming game, dan lainnya. Sedangkan Origin tidak menyediakan fitur level tersebut.

Baik Steam ataupun Origin, sama-sama memiliki Achievement.

Jual-Beli

Steam vs Origin. Lebih Bagus Mana?

Khusus Steam, mereka menyediakan Steam Market untuk para usernya menjual item-item tertentu dari banyak game. Dan Origin tidak menyediakan sistem jual-beli antar user, hanya sebatas beli game di Origin.

[irp posts=”45086″ name=”Review ROG GX800: Laptop Game ASUS Untuk Pro Gamers”]

Alasan Kamu Wajib Install Steam

  • Membeli game semudah membeli cemilan di minimarket.
  • Memiliki ribuan game untuk kamu pilih dan install.
  • Banyak game gratis dengan gameplay bagus.

Alasan kamu Wajib Install Origin

  • Jika kamu penggemar berat game-game keluaran Electronic Arts.
  • FIFA, Battlefield, The Sims, Titanfall, Mass Effect, hanya tersedia di Origin.

Kesimpulan

Tidak ada yang jelek dari kedua platform tersebut. Hanya saja, sesuaikan kebutuhan kamu untuk bermain game. Misal kamu bermain DOTA2, ya kamu wajib memiliki Steam. Tapi kalau kamu juga bermain FIFA, ya wajib install Origin.

Untuk pilihan game gratis, kamu juga bisa ke Steam dan kalau mau game ekslusif bisa ke Origin. Sama saja.

Kedua platform tersebut memiliki kelebihan masing-masing jadi tidak ada salahnya untuk memiliki keduanya. Intinya, bermainlah dengan penuh tanggung jawab. Halah.

[junkie-button url=”http://store.steampowered.com/about/” style=”light-blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Install Steam [/junkie-button] [junkie-button url=”https://www.origin.com/sgp/en-us/store/download” style=”light-blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Install Origin [/junkie-button]

More Stories
4 Aplikasi Android Keren yang Membuat Notifikasi Lebih Fun