10 Tahun Lalu Steve Jobs Memperkenalkan iPhone Pertama

steve jobs memperkenalkan iphone pertama

10 tahun lalu, Steve Jobs memperkenalkan iPhone Pertama di Macworld Expo 2007. Tanggal 29 Juni 2007, enam bulan kemudian, iPhone resmi memasuki pasaran dunia.

Saat itu, iPhone hadir secara unik di antara handphone lainnya. Dengan layar 3,5 inci, tanpa keypad fisik, dan dengan layar sentuh, iPhone generasi pertama ini benar-benar berbeda. Steve Jobs menyebutkan bahwa perangkat ini akan mengubah segalanya.

iphone generasi pertama

Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama sebagai perangkat revolusioner dengan tiga hal penting: Pemutar musik (iPod), telepon, dan perangkat berbasis internet.

Seperti kita ketahui, sisanya sudah jadi sejarah. Hampir semua smartphone saat ini menggunakan layar sentuh dan berbasis internet. iPhone pun menjadi sebuah standar gengsi tersendiri.

Pada tanggal 29 Juni 2007, Apple Store mulai menjual iPhone pertama pada pukul 6 sore dan baru tutup pada tengah malam. Pada bulan Oktober 2008, Apple sudah menjual iPhone sebanyak 10 juta buah. Lalu pada tahun 2016, Tim Cook mengumumkan bahwa iPhone (total semua generasi) sudah terjual lebih dari satu milyar.

Selama 10 tahun perjalananannya, iPhone sudah mengalami banyak perkembangan. Saat ini kita menikmati iPhone 7 dan sedang menunggu iPhone 8. Dimulai dari satu handphone dalam satu generasi, sekarang kita melihat iPhone dalam beberapa varian dalam satu generasi.

Kehebohan pun kelihatannya selalu mengiringi iPhone. Baik pro dan kontra. Mulai dari pengumuman revolusioner iPhone pertama yang jadi legenda, sampai pengumuman iPhone 7 tanpa colokan audio yang mendapat kritik.

Berbeda dengan masa awal iPhone, akhir-akhir ini Apple memang sering mendapat kritikan. Kalau iPhone generasi pertama disebut sebagai perangkat revolusioner, perangkat terbaru Apple sering mendapat kritik kurang kreatif dan kurang inspiratif.

iPhone 8 leaked
Dummy iPhone 8 via Benyamin Geskin

Suka tidak suka, harus kita akui bahwa kehadiran iPhone memang merubah wajah handphone secara khusus dan tren teknologi perangkat bergerak secara umum.

Apakah iPhone akan kembali merubah wajah dunia? Tidak tahu juga. Saat ini dunia smartphone sudah boleh dibilang ‘menjadi dewasa’. Perkembangannya lebih bersifat minor daripada gebrakan besar-besaran. Toh, Apple bersama iPhone tetap menjadi salah satu yang diperbincangkan di dunia teknologi.

Jadi, selamat ya iPhone….

%d blogger menyukai ini: