Fitur dan Teknologi Yang “Telat” Datang di iPhone

konsep iPhone lipat

Pernahkah kamu berpikir soal fitur dan teknologi apa saja yang “telat” hadir di iPhone? Mungkin pernah. Hal ini tentu sangat menarik kita bahas. Karena iPhone sering menjadi tolok ukur smartphone masa kini.

Ya, harus kita akui kalau iPhone adalah sebuah trendsetter. Beberapa seri iPhone berhasil membuat tren smartphone sehingga menjadi standar. Misalnya penggunaan jari untuk navigasi smartphone di iPhone pertama atau sensor sidik jari iPhone 5s.

Di sisi lain, Apple juga terkenal sering menggembar-gemborkan fitur dan teknologi di perangkat merka sebagai sesuatu yang inovatif. Padahal, beberapa teknologi itu sebenarnya sudah lebih dulu ada di perangkat lain.

Nah, apa saja fitur atau teknologi yang sebenarnya “telat” ada di iPhone?

Kamera Ganda

Kamera ganda sudah mulai populer di smartphone Android mulai tahun 2014 dengan HTC One M8 sebagai pionirnya. Sementara itu, Apple baru menerapkan kamera ganda pada tahun 2016 di iPhone 7 Plus. Yah, tahun itu pun Huawei P9 sudah lebih dulu hadir dengan kamera ganda.

iphone 7 plus

Wireless Charging

Nokia Lumia 920 dengan Windows Phone merupakan smarphone pertama yang menerapkan pengisian daya nirkabel atau wireless charging (kami pernah membahas enaknya pakai wireless charging saat itu).

Walau sudah menghadirkan wireless charger untuk Galasy S4 di tahun 2013, Samsung baru menerapkan fitur itu sebagai standar pada tahun 2015 di Galaxy S6 dan S6 Edge. Sementara Apple baru menaruh fitur wireless charging di iPhone 8 pada tahun 2017.

warna iphone 8

Layar Refresh Rate Tinggi

Smartphone pertama yang menerapkan layar dengan refresh rate tinggi adalah Razer Phone 1 dengan 120Hz di tahun 2017. Kemudian ROG Phone menyusul dengan layar 90Hz di tahun 2018. Kemudian smartphone dengan layar refresh rate tinggi bertubi-tubi hadir.

Rumor soal iPhone dengan refresh rate tinggi sebenarnya sudah hadir sebelum iPhone 12 rilis. Namun, Apple baru menerapkan layar dengan refresh rate tinggi pada iPhone 13 Pro dan Pro Max di tahun 2021.

warna iphone 13 pro

Lubang Kamera di Layar

Kamera selfie yang berupa lubang di layar sudah hadir mulai Honor View 20 dan Huawei Nova 4 di tahun 2018. Kini lubang kamera di layar sudah menjadi standar di smartphone Android.

Sementara itu, iPhone masih menerapkan notch di layar pada iPhone 13 Series di tahun 2021. Ukurannya memang sudah lebih kecil dibanding versi sebelumnya. Namun rumor soal iPhone yang akan memakai punch hole (istilah untuk lubang kamera di layar) pada iPhone 14 di tahun 2022 kini cukup kencang beredar.

Sensor Sidik Jari Di Layar

Sensor sidik jari di layar juga merupakan salah satu teknologi yang menjadi standar ponsel Android belakangan ini. Vivo X20 Plus UD merupakan smartphone yang menghadirkan teknologi ini di tahun 2018.

Apple juga belum menerapkan teknologi ini di iPhone. Namun, rumor Touch ID di layar iPhone juga semakin kencang beredar. Terutama seiring munculnya paten Apple untuk teknologi tersebut. Sementara ini, Touch ID di layar diharapkan hadir pada iPhone 14 di tahun 2022.

Ponsel Lipat

Ponsel lipat merupakan kategori baru yang sedang seksi-seksinya di smartphone. Kita tahu kalau Samsung sudah merilis beberapa ponsel lipat dalam lini Fold dan Flip. Sementara beberapa merek lain juga sudah merilis ponsel lipat walau masih relatif terbatas (OPPO Find N mendapat pujian untuk ini).

Namun, Apple masih tampak tenang-tenang saja. Rumor menyebutkan kalau Apple baru akan merilis iPhone lipat paling cepat pada tahun 2023, dengan target tahun 2024 sebagai momen ideal. Bocoran terakhir (dari @DylanDKT di Twitter) menyebutkan kalau Apple masih belum yakin dengan teknologi layar (mengingat kasus bekas lipatan) dan kesiapan pasar (daya beli pengguna) untuk kategori ini.


Itulah beberapa fitur dan teknologi smartphone yang “telat” ada di iPhone. Terlambat menerapkan fitur dan teknologi itu sebenarnya bukan hal buruk (kalau kita bicara FOMO). Apple sangat ahli menerapkan teknologi yang ada dan memolesnya lagi menjadi lebih baik.

Jadi kondisinya memang seperti yang disebut pada bocoran iPhone lipat. Apple baru akan menerapkan fitur dan teknologi tertentu, jika mereka sudah yakin bisa memenangkan publik dengan fitur tersebut.

Bagaimana menurutmu? Fitur apa yang kamu ingin ada di iPhone mendatang?

%d blogger menyukai ini: