super mario run

Super Mario Run: Game Bagus yang Belum Memuaskan

Super Mario Run menjadi salah satu game yang paling banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Selain karena tokohnya yang legendaris, game ini menjadi uji coba keseriusan Nintendo terjun di perangkat bergerak non-konsol.

Namun yang paling banyak dibicarakan adalah bagaimana Nintendo memasang harga cukup mahal untuk membuka level permainan dan harus dimainkan online. Ya, Super Mario Run bisa diunduh gratis. Namun bisa dimainkan hanya di level awal saja, dan harus membayar sebesar $9.99 untuk melanjutkannya.

Saat Super Mario Run dirilis di iPhone, hal itu cukup menghebohkan. Yah, saya tidak menggunakan iPhone, jadi tidak tahu kondisi sebenarnya. Tapi kini Super Mario Run sudah hadir di Android. Inilah saatnya menguak kebenaran sejati.


Baca juga: 80 Pokemon Terbaru di Game Pokemon Go


Gameplay Super Mario Run

Walau pun namanya menggunakan embel-embel “run” dan Mario memang berlari, Super Mario Run tetaplah sebuah game platformer, bukan endless run. Misinya pun tidak jauh berbeda, yaitu menyelamatkan Peach dari Bowser alias King Koopa. Game ini masih cukup setia dengan permainan klasiknya.

Selama misi penyelamatan itu, kita akan melewati banyak jalur dengan beberapa level dalamnya. Di tiap level, kita dituntut untuk mengumpulkan lima buah permata khusus (selain koin sebanyak mungkin), sebelum akhirnya melompat ke tiang bendera. Kalau sudah terkumpul semua, akan ada lima permata baru di posisi yang berbeda.

Masing-masing level juga punya lokasinya sendiri. Yah, lokasi ala petualangan Mario klasik. Lengkap dengan jamur, pipa, bola api berlompatan, dll.

Selain permainan berbasis petualangan — di sini disebut Tour — ada juga Bonus Game dan Toad Rally. Bonus Game, seperti namanya, memang memberi kesempatan kita untuk mendapatkan koin lebih banyak dan mendapat tiket Rally. Sedangkan di game Toad Rally, kita akan bertanding dengan rekaman pemain lain dalam mendapat dukungan Toad. Makin banyak kita menang, makin banyak Toad datang ke kerajaan kita.

Tampilan Super Mario Run

Saya pikir pembahasan untuk yang satu ini tidak akan panjang. Kita semua sudah mengenal bagaimana karakter dan dunia Super Mario. Game ini pun tidak jauh berbeda dengan game Mario lainnya. Boleh dibilang game ini memiliki tampilan yang sesuai dengan harapan saya.

super mario run castle dan rally

Oya, ada pengaturan kualitas tampilan di game ini. Baik untuk rendering maupun graphics. Bahkan dengan pilihan tampilan yang rendah pun, menurut saya gambarnya tetap bagus.

Kontrol Game Super Mario Run

Kontrol game ini berbeda dengan Super Mario klasik. Di Super Mario Run, kontrol hanya dilakukan dengan tap saja. Tepatnya, tekan layar sekali untuk melompat, dan tekan yang lama untuk melompat lebih tinggi.

Mario akan berlari secara otomatis. Ia juga akan melewati musuh atau halangan kecil secara otomatis. Melompat dilakukan untuk tantangan yang lebih tinggi.

gameplay super mario run

Selain itu, yang ditambahkan di permainan ini adalah variasi melompat. Salah satunya adalah ketika kita melompat saat menginjak musuh, maka kita bisa melompat lebih tinggi lagi.

Proses lari yang otomatis ini boleh dibilang menjadi angin segar untuk game klasik ini. Mekanisme permainan jadi sedikit berbeda, termasuk juga tantangannya.

Tapi cukup menyebalkan juga kalau kita belum hapal level permainan. Permata yang seharusnya diambil bisa terlewati dan tidak ada jalan kembali. Yang bisa kita lakukan adalah mengulang level tersebut.

Pengalaman Bermain Super Mario Run

Perlu saya sebut kalau saya memainkan game ini dengan handphone Moto E3 Power, supaya ada sedikit gambaran soal performanya.

Sejauh ini, saya bisa memainkan game dengan lancar. Belum ada crash, lag atau sejenisnya. Pada awalnya, Super Mario Run sempat terasa cukup berat. Tapi setelah saya turunkan kualitas gambarnya, permainan bisa dijalankan dengan layak.

Namun proses loading game ini– entah masuk ke level tertentu, membuka halaman tertentu, dll — berjalan tidak cukup cepat. Tentu saja, karena game ini dimainkan online, maka kualitas koneksi internet akan berpengaruh. Jadi tidak semata-mata hanya perangkat keras atau aplikasi game ini saja.

level ending super mario run

Nah, tibalah pada saat pertanyaan pentingnya. Bagaimana dengan level selanjutnya dan pembelian aplikasi? Memang setelah bermain empat level di jalur pertama, kita harus membeli game sebesar Rp 149.000 untuk bisa melanjutkannya.

Saya pikir, membeli game atau aplikasi sebagai dukungan untuk pembuatnya layak dilakukan. Begitu pun dengan game ini. Sebagai game berkualitas, Super Mario Run layak dibeli.

Permasalahannya, game ini harus dimainkan online. Dengan harga tersebut di atas, saya berharap game ini bisa dimainkan secara offline. Paling tidak untuk Tour. Beberapa permainan yang lebih interaktif bisa terkoneksi kemudian.

Dengan kondisi seperti itu, harga Rp 149.000 jadi terasa cukup mahal. Hal ini yang kelihatannya menyebabkan pendapatan Nintendo dari Super Mario Run tidak seperti yang diharapkan (Baca: UberGizmo).

Walau pun begitu, kalau kamu sekedar ingin memuaskan hasrat mendapatkan semua permata, mencari high score, atau membandingkan dengan pemain lain, permainan yang ada di Super Mario Run tanpa membelinya pun bisa cukup memenuhi.


Baca juga: 12 Game Mobile Paling Populer dan Berpengaruh


Saya sebenarnya berharap ada skenario pembelian game lain untuk Super Mario Run. Karena, yah seperti yang sudah saya bilang, game ini layak dibeli.

Kalau kalian belum mencobanya, silakan unduh Super Mario Run dari App Store atau Play Store.

DOWNLOAD UNTUK ANDROID

DOWNLOAD UNTUK IOS

More Stories
screensaver jam mac
5 Screensaver Jam Untuk Mac Terbaik