Sway: Anggota Baru Keluarga Microsoft Office

anggota baru keluarga Microsoft Office Sway

Melalui laman Blog Office, Microsoft memperkenalkan anggota baru keluarga Microsoft Office, yaitu Sway. Jika dilihat sekilas, Sway mirip dengan gabungan antara Word dan PowerPoint.

Sway (codename ‘Remix’) adalah kanvas berbasis web interaktif yang memungkinkan pengguna untuk membuat presentasi multimedia online. Pengguna dapat memilih berbagai jenis tata letak, baik linear maupun non-linear secara manual, atau biarkan Sway mendesainnya secara otomatis.

Hasil digital yang telah selesai dibuat dengan Sway disebut ‘Sways’. Berkas Sway disimpan di Microsoft Azure, sedangkan foto dan gambar yang digunakan dalam berkas Sway disimpan di OneDrive. Ini merupakan bagian dari “mobile-first, cloud-first world” yang sedang dikampanyekan oleh Microsoft. Pengguna dapat berbagi Sway dengan orang lain melalui tautan dan di berbagai jaringan sosial yang didukung, termasuk Facebook, Twitter dan YouTube, bahkan dengan mereka yang belum memasang aplikasinya sekalipun.

Sway berpotensi untuk melengkapi aplikasi Office lainnya, meskipun pada saat ini, tidak ada integrasi langsung antara mereka, mirip OneNote dan Office Mix. OneNote sendiri juga adalah aplikasi agregasi. Microsoft menganggap OneNote lebih mengarah ke tempat untuk mengatur ide-ide, sementara Sway lebih dari aplikasi presentasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi ide yang telah diselesaikan. Sedangkan Office Mix, secara khusus berfokus pada perbaikan dan peningkatan interaksi di PowerPoint.

Pengguna yang tertarik untuk mencoba Sway bisa langsung mengunjungi Sway.com untuk meregistrasikan alamat email mereka. Microsoft akan memberikan akses ke Sway Preview secara bergiliran. Sway Preview akan tersedia sebagai aplikasi Web dapat diakses melalui beberapa browser, termasuk Internet Explorer, Chrome, Firefox dan Safari.

Preview ini juga akan tersedia untuk iOS dalam waktu dekat. Microsoft juga berencana untuk membuat aplikasi ini tersedia untuk Android dan Windows Phone dalam beberapa bulan mendatang.