Mengisi Tanggal Ulang Tahun Jadi Syarat di Instagram

Instagram membuat mengisi tanggal ulang tahun menjadi salah satu syarat untuk menggunakan aplikasi media sosial itu. Facebook sebagai induk perusahaan menjelaskan hal itu melalui situs resmi mereka.

Facebook menyebutkan kalau alasan utama mereka meminta pengguna mengisi tanggal ulang tahun adalah agar media sosial itu bisa jadi tempat yang lebih aman bagi mereka yang berusia masih muda.

Artinya, akan ada beberapa batas di Instagram yang berhubungan dengan usia. Misalnya untuk melihat konten tertentu atau mengirim DM untuk pengguna tertentu. Facebook sendiri sudah memperketat DM di Instagram, sehingga pengguna dewasa tidak bisa mengirim pesan pada pengguna di bawah usia 18 tahun.

Facebook juga menyebutkan kalau tanggal ulang tahun pengguna bisa mencegah pengiklan memasang promosi produk mereka secara sembarangan. Dengan kata lain, iklan yang ada di Instagram akan muncul sesuai usia pengguna.

Proses Tanggal Ulang Tahun Jadi Syarat

Instagram sebenarnya sudah melakukan hal ini sejak beberapa tahun lalu. Terutama pada pengguna yang baru saja bergabung.

Namun kalau kamu sudah memakai aplikasi Instagram lebih lama, maka kamu mungkin tidak melihatnya. Hal ini akan segera berubah.

Pertama, kamu yang belum mengisi tanggal ulang tahun di Instagram akan mulai melihat permintaan untuk itu. Permintaan ini akan muncul di halaman linimasa.

isi ulang tahun di Instagram

Kalau kamu tidak mempedulikannya, permintaan itu akan muncul kembali. Pada satu titik, kamu harus mengisinya supaya tetap bisa memakai aplikasi Instagram.

Kedua, Instagram akan menyembunyikan posting tertentu dan memperingatkan konfirmasi usia pengguna. Terutama konten yang dianggap terlalu sensitif bagi pengguna berusia muda.

Facebook juga menyebutkan kalau mereka menyadari pengguna bisa memakai tanggal ulang tahun palsu. Jadi Instagram akan memiliki sistem yang menggunakan AI untuk bisa memprediksi usia pengguna melalui konten seperti “Selamat ulang tahun.”

Nantinya, kalau ada pengguna memberikan tanggal ulang tahun palsu dan sistem itu memprediksi usia pengguna berbeda, akan muncul peringatan untuk verifikasi usia.

Sebelum mengumumkan soal syarat mengisi tanggal ulang tahun ini, Instagram juga sudah menyertakan fungsi kontrol konten sensitif di dalam aplikasi.

%d blogger menyukai ini: