Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Solusi Masalah Sync Windows 10 Mobile dan Mac OS X

sync mac os x & windows 10 mobile
Anom Penulis
sync mac os x & windows 10 mobile

Kalau pertanyaan bagaimana melakukan sync Windows 10 Mobile dan Mac OS X El Capitan hinggap di benakmu. Mungkin kamu termasuk manusia 0,1% seperti saya, yang menggunakan laptop Macbook bersanding dengan Windows Phone.

Begitu kamu upgrade ke Windows 10 Mobile (tepatnya build 10586.xxx), kemungkinan besar, Windows Phone punyamu tidak akan terbaca oleh Windows Phone Desktop App untuk Mac. Mungkin juga kamu sudah kena musibah ini setelah upgrade Mac OS X ke Maverick atau Yosemite atau El Capitan. Dengan demikian, sinkronisasi Windows Phone (memindah foto, lagu, dll) tidak bisa dilakukan.

Supaya Windows Phone Desktop App di Mac bisa mengenali perangkat baru dan perangkat yang di-upgrade, kita harus mengganti USB Connection library untuk aplikasi ini. Masalahnya, saat ini Microsoft sudah menghapus aplikasi Windows Phone Desktop App dari Mac Store. Kalau kamu sudah menghapus aplikasi tersebut, tentunya perlu aplikasi baru.

Persiapan:

  1. Untuk bisa memulihkan kondisi Windows Phone App for Mac seperti semula, dibutuhkan installer untuk aplikasi tersebut dan USB driver baru (ada dua). Silakan unduh di sini. Lalu unzip file tersebut.
  2. Install aplikasi Windows Phone for Mac.

Memulihkan Windows Phone App for Mac:

  1. Buka Finder, lalu menuju ke Application. Cari aplikasi Windows Phone.
  2. Tap dua jari / ctrl+click (klik kanan) pada aplikasi WIndows Phone untuk membuka context menu, dan pilih Show Package Content.
    show package content windows phone app
  3. Di dalam aplikasi Windows Phone (Content), cari dan buka folder Frameworks.
    folder framework windows phone app
  4. Drag atau Paste kedua file USB Driver (libusb-standard.dylib dan libusb.dylib) ke dalam folder Frameworks. Autentifikasi (password) akan diminta untuk melakukan ini, karena kamu akan merubah folder sistem. Kemudian, kamu akan diminta untuk mengganti (Replace) file di Frameworks lama ke yang baru. Tidak ada salahnya, toh yang lama sudah tidak berfungsi.
    Pada akhirnya, ada tiga buah file di dalam folder Frameworks: File MTP lama, file USB baru, dan file USB-standard baru.
    masukan usb driver ke frameworks
  5. Reboot Mac agar file baru tersebut berfungsi.
  6. Silakan buka aplikasi Windows Phone for Mac, dan hubungkan handphone Windows 10 Mobile kamu dengan kabel USB.
Baca Juga:  Solusi Icon Wi-Fi Tidak Muncul di Menu Bar Waktu Aktivasi Mac

Semoga cara ini berhasil membantu kamu kembali melakukan sinkronisasi antara Windows 10 Mobile dan Mac OS X El Capitan. Tidak tahu juga berapa lama trik ini berfungsi. Apple tidak lama lagi akan merilis update MacOS Sierra (yg mengganti istilah OS X ke MacOS). Microsoft sebentar lagi juga akan menggelontorkan Anniversary Update untuk perangkat Windows 10. Kita lihat saja nanti.