Diskon VPN terbaik: Klik di sini

NSynth Super: Synthesizer Canggih Buatan Google

synthesizer nsynth super

Artificial intelligence akhir-akhir ini menjadi teknologi yang berkembang pesat. Salah satu perangkat yang menarik adalah NSynth Super. Sebuah synthesizer yang menggunakan teknologi machine learning.

Sebelum ini kita sudah menyaksikan campur tangan teknologi di musik. Misalnya seperti efek gitar memberi nuansa di musik rock. Kita juga bisa melihat bagaimana EDM berkembang pesat akhir-akhir ini.

Pada awalnya, Magenta (proyek riset dari Google) membuat NSynth (neural syntheziser). Sebuah algoritma yang menggunakan neural networks untuk mempelajari karakter suara. Kemudian NSynth akan membuat suara baru berdasarkan karakteristik tersebut. Google menyebutkan bahwa hal tersebut berbeda dengan “sekedar menggabungkan suara”.

Melanjutkan eksplorasi ini, Google Crative Lab dan Magenta membuat NSynth Super. Sebuah instrumen untuk mengeksplorasi suara dengan mudah dan bisa langsung dimainkan.

Dalam membuat prototipe synthesizer ini, ada 16 suara asli dengan 15 rentang nada yang direkam dan diolah dengan algoritma NSynth. Semua itu menghasilkan lebih dari 100.000 suara baru.

Musisi bisa memainkan NSynth Super dengan instrumen berbasis MIDI (seperti sequencer) atau keyboard, lalu bisa memilih sumber suara dengan menggunakan 4 tuas yang ada, dan menggerakkan jari di layar untuk mengeksplorasi suara baru.

[irp posts=”44768″ name=”Jaket Cerdas Hasil Kolaborasi Levi’s dan Google Jacquard”]

Yang tidak kalah menarik, NSynth Super merupakan proyek open source. Perangkat ini memang bertujuan untuk riset, bukan untuk komersial (mungkin belum).

Kalau kamu bisa membuatnya sendiri kalau ingin. Google menyediakan semua hal yang dibutuhkan, baik source code, skema, contoh desain, beserta panduannya di GitHub. Pembuatannya dilakukan dengan menggunakan Raspberry Pi (sayangnya tidak memiliki layar warna warni seperti milik Google).

Jadi, kalau kamu punya kemampuan teknis, kamu bisa mencoba synthesizer canggih ini. Mungkin bukan proses sederhana. Tapi kalau berhasil, hm… keren juga kelihatannya.

More Stories
Inilah Alasan Kota Paris Dipilih Saat Peluncuran Huawei P30 Series