Microsoft Edge Ubah Kebiasaan Dengan Tab Vertikal Untuk Website

Lebih mudah menelusuri situs yang sudah kita buka.

tab vertikal browser microsoft edge

Microsoft berniat memberikan cara untuk mengubah kebiasaan kita dalam memakai browser. Browser Microsoft Edge akan memiliki pilihan untuk tab vertikal untuk jajaran situs yang kamu buka.

Microsoft mengumumkan fitur ini melalui blog resmi perusahaan. Liat Ben-Zur, Wakil Presiden Korporat Microsoft, mengatakan kalau vertikal tab mulai bergulir secara umum bulan Maret 2021.

Tab Vertikal untuk Akses Mudah

Pengguna Edge bisa memindah jajaran tab horizontal di bagian atas ke bagian samping sebelah kiri secara vertikal hanya dengan satu klik. Yaitu dengan menekan tombol di sudut kiri atas.

Panel tab yang berada di bagian samping bisa menutup (hanya menunjukkan ikon situs) dan membuka (menunjukkan judul halaman situs). Hal ini akan mempermudah pengguna membuka banyak tab dan menelusurinya.

Ini jelas berbeda dengan konsep tradisional browser yang punya letak tab di bagian atas. Sebelum meluncurkan fitur ini, Microsoft sudah melakukan riset pada penggunanya.

Ternyata memang ada banyak pengguna yang suka dengan posisi baru ini. Selain itu, panel tab yang bisa membuka dan menutup juga disukai. Fitur ini, selain memberi bidang pandang lebih luas, juga mempermudah pengguna menelusuri berbagai situs yang sudah mereka buka. Yah, dibanding menggeser kanan kiri bidang sempit di atas.

Panel Riwayat Dropdown

Selain tab vertikal, Microsoft juga mengubah posisi panel riwayat penelusuran. Kalau sebelumnya daftar riwayat situs hadil penuh di sisi kanan, kini panel itu hadir dalam bentuk dropdown di toolbar.

Tapi kalau kamu memang lebih suka versi yang menempel di samping, kamu bisa menyematkan panel ini seperti dulu (dengan shortcut Ctrl H).


Fitur baru ini menambah berbagai fitur berguna lain yang ada di Microsoft Edge. Setelah lahir baru dengan menggunakan Chromium yang sama dengan Google Chrome, browser andalan Microsoft ini sekarang memang lebih seru.

Apa kamu sudah mencobanya?

%d blogger menyukai ini: