Acer Chromebook Tab 10: Tablet Chrome OS Pertama

acer chromebook tab 10 horizontal

Tablet Chrome OS pertama sudah hadir. Inilah Acer Chromebook Tab 10. Sebuah pembuktian bahwa Chrome OS sudah 100% bersahabat dengan layar sentuh.

Memang sudah sejak beberapa waktu terakhir ini, Google rajin menambahkan berbagai fitur Android di Chrome OS. Sebuah indikasi bahwa Chrome OS akan mengalami revolusi selanjutnya.

Obsesi menghadirkan sistem operasi komputer di dalam perangkat bergerak kelihatannya memang menghantui berbagai perusahaan pembuat sistem operasi. Lihat saja usaha Microsoft dengan Windows 10.

Chrome OS adalah sistem operasi desktop dari Google. Biasanya hadir di jajaran laptop dengan nama Chromebook. Nama yang juga hadir di tablet ini.

[irp posts=”37489″ name=”5 Alasan Memiliki Tablet”]

Walau memiliki nama yang sama dengan laptop tersebut, Acer Chromebook Tab 10 benar-benar tablet. Digunakan sepenuhnya dengan layar sentuh dan tanpa keyboard tambahan. Bahkan, ada stylus yang menemaninya.

Boleh dibilang perkembangan tablet melambat akhir-akhir ini. Desain tablet ini pun masih membawa bentuk klasik. Kecuali mungkin penambahan stylus yang cukup menarik.

acer chromebook tab 10 vertikal

Spesifikasinya juga tidak jauh berbeda dari laptop Chromebook di pasaran. Tentu saja, perbedaan terbesar adalah keyboard dan layar sentuh.

Spesifikasi Acer Chromebook Tab 10
  • Prosesor: OP1 dual-core Cortex A72 dan quad-core Cortex A53
  • RAM: 4GB
  • Penyimpanan: 32GB dengan dukungan microSD card
  • Layar: 9,7 inci 2048 x 1536 (264 ppi)
  • Kamera belakang: 5MP
  • Kamera depan: 2MP
  • Stylus: Wacom EMR
  • Konektivitas: Wi-Fi dan Bluetooh 4.1
  • Colokan: USB type-C 3.1
  • Baterai: 34Wh

[irp posts=”49920″ name=”2 Laptop HP Terbaru Seri Spectre Hadir Untuk Kelas Premium”]

Prosesor OP merupakan prosesor yang dibuat khusus untuk Chromebook. Dengan prosesor ini, aplikasi Android bisa berjalan optimal seperti di handphone. Selain itu prosesor ini juga lebih hemat walau sudah mendukung kualitas layar 4K.

Sama seperti Chromebook, Google menyebutkan bahwa target utama tablet ini adalah pendidikan. Pengalaman belajar mengajar diharapkan akan menjadi lebih baik dan mudah. Terutama karena dukungan layar sentuh, stylus, dan Google Expeditions AR.

Kalau kamu ingat, tablet Android sempat naik daun beberapa tahun lalu. Tapi sayangnya tidak pernah benar-benar populer. Kalau bicara tablet, iPad tetap menjadi yang paling dicari. Di sisi lain, ekosistem Windows 10 menghujani dengan berbagai laptop hybrid alias 2-in-1.

Pertanyaan klasik pun kembali muncul. Apakah Acer Chromebook Tab 10 sebagai tablet Chrome OS pertama bisa menggugah minat masyarakat kembali? Harganya sekitar $329 (mulai tersedia bulan Mei 2018). Bagaimana menurutmu?

More Stories
Ingin Pandai Berbahasa Inggris? Mainkan Saja 6 Game Berikut