Rumor Tablet dan Handphone Terbaru MWC 2017

MWC 2017 akan segera datang. Eksibisi industri perangkat bergerak terbesar di dunia tersebut akan menghadirkan berbagai teknologi dan produk baru yang tentunya sangat dinanti. Sudah banyak rumor tentang tablet dan smartphone terbaru yang akan diumumkan di MWC 2017. Di sini, kami akan membahasnya.

MWC merupakan singkatan dari Mobile World Congress. Sejatinya, acara ini merupakan ajang B2B (business to business), tempat berbagai perusahaan menunjukkan perkembangan terakhir produk dan teknologinya. Dengan begitu, diharapkan akan terjadi kerjasama dinamis di dalam industri perangkat bergerak.

MWC 2017 akan diselenggarakan mulai tanggal 27 Februari 2017 sampai dengan 2 Maret 2017 di Barcelona, Spanyol.

Lalu, apa saja yang bisa diharapkan dari MWC 2017? Perangkat apa saja yang akan hadir? Mari kita lihat rumor yang sudah beredar.


Baca juga: Melihat Tren Teknologi 2017 dari Ajang CES


Handphone LG G6

Rumor soal handphone LG terbaru ini kencang beredar. Mulai dari pengumuman di MWC 2017, ukuran layar, sampai foto bocorannya. LG sendiri sudah memberi konfirmasi beberapa issue tersebut.

Walau sebelumnya sempat disebut memiliki ukuran layar 5,3 inci, namun berita bergeser pada ukuran 5,7 inci. Korea Herald menyebutkan Handphone LG G5 akan memiliki kualitas layar tingkat tinggi, yaitu QHD+ 1440 x 2880 dengan ~564 ppi dan ukuran bingkai yang lebih tipis.

Dari foto bocoran yang beredar, bisa terlihat bahwa LG G6 akan memiliki dual kamera, sensor sidik jari di bagian belakang, dan memiliki bodi berwarna (salah satunya) hitam glossy.

lg g6 leaked
Foto LG G6 yang bocor (Foto: Business Insider)
bocoran foto LG G6
Bocoran foto handphone LG G6 (Foto: Evan Blass)

Tablet Samsung Galaxy Tab S3

Handphone Samsung terbaru, Samsung Galaxy S8 dan Edge S8 tidak akan diumumkan di MWC 2017. Reuter memberitakan bahwa pimpinan divisi mobile Samsung Koh Dong-jin memberikan konfirmasi soal itu.

MWC biasanya menjadi ajang tempat Samsung mengumumkan perangkat terbarunya. Tahun ini, kelihatannya yang menjadi bintang adalah tablet Samsung Galaxy Tab 3. Situs berita dari Naver menyebutkan bahwa Samsung Electronics akan fokus pada tablet tersebut di MWC 2017. Di situs tersebut juga disebutkan tablet terbaru Samsung ini akan hadir dalam dua versi, yaitu LTE dan Wi-Fi. Keduanya akan memiliki prosesor Snapdragon 820 dan RAM 4 GB.

Samsung sendiri sudah memberikan konfirmasi melalui Twitter akan melakukan konferensi pers pada tanggal 26 Februari mendatang. Bersamaan dengan konfirmasi itu, juga ada teaser perangkat misterius yang diduga Samsung Galaxy Tab S3.

samsung galaxy tab s3 teaser mwc 2017

bocoran foto samsung galaxy tab s3
Bocoran foto tablet Samsung Galaxy Tab S3 (foto: Evan Blass)

Handphone Huawei P10

Handphone terbaru Huawei ini juga dirumorkan akan diumumkan di MWC 2017. Walau rumornya tidak sekencang kedua perangkat yang disebutkan di atas, TechRadar menyebutkan bahwa ada undangan untuk konferensi pers dari Huawei di ajang bergengsi tersebut. Di undangan tersebut memang tidak disebutkan nama perangkatnya, namun ada janji untuk “the global unveiling of a new flagship device.”

Rumor soal Huawei P10 mengatakan bahwa perangkat ini akan memiliki ukuran 5,5 inci dengan layar QHD, bodi metal, dual kamera, dan RAM sampai 6 GB.

bocoran foto huawei p10
Bocoran foto Huawei P10 (Foto: Evan Blass)

Baca juga: Review Moto Z: Konsep Smartphone Modular Menjanjikan


Motorola Moto G5

Handphone terbaru Motorola ini digosipkan akan hadir dalam dua varian, yaitu Motorola Moto G5 dan Moto G5 Plus. Dari spesifikasinya, Android Authority menyebutkan bahwa Moto G5 akan menggunakan prosesor Snapdragon 430, RAM 2 GB, dan layar 5 inci. Sedangkan Moto G5 Plus akan menggunakan Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan layar 5,5 inci.

Selain itu, juga ada kemungkinan juga Lenovo (yang sekarang memiliki Motorola) akan mengumumkan aksesoris Moto Mods terbaru, termasuk yang disebut Tango 3D Camera Mod. Melihat usaha yang dilakukan Lenovo untuk membangkitkan jajaran handphone Moto, akan menarik melihat perkembangannya.

motorola moto g5 plus leaked
Foto bocoran Motorola Moto G5 Plus (Foto: Android Authority)
bocoran foto handphone moto g5 plus
Bocoran foto Motorola Moto G5 Plus (foto: Evan Blass)

Handphone Nokia 8

Salah satu rumor yang paling kencang beredar sehubungan dengan MWC 2017 adalah pengumuman handphone terbaru Nokia. Sebelum ini HMD Global sudah merilis Nokia 6 secara terbatas di Cina. TechRadar mengatakan bahwa HMD mengirim undangan pada pihak media untuk sebuah konferensi pers di MWC 2017 untuk “the next chapter in the Nokia comsumer story.”

Sementara itu, bocoran tampilan sebuah handphone yang disebut sebagai Nokia 8 juga muncul di situs Anzhuo. Situs itu menyatakan (mengutip media lain tepatnya, walau tidak disebutkan) bahwa di ajang CES 2017, Qualcomm secara tidak sengaja (atau tidak kentara) menampilkan handphone yang diberi nama kode “Supreme”. Perangkat inilah yang disebut sebagai handphone Nokia 8.

Sedangkan untuk bocoran spesifikasinya, Nokia 8 dikabarkan akan menggunakan prosesor Snapdragon 835 dengan layar 5,7 inci (1440 x 2560) super AMOLED, dan Android 7.0 Nougat. Foto dari perangkat “Supreme” itu sendiri menunjukkan lingkaran kamera belakang seperti Nokia Lumia 1020.

bocoran handphone nokia 8
Foto: Anzhuo.cn

Baca juga: Handphone Nokia Apa yang Pernah Kalian Miliki?


Selain perangkat atau merk yang disebut di atas, rumor juga mengabarkan soal handphone Sony Xperia XA (2017), dan HTC 11. Sony sudah mengirim undangan untuk konverensi pers di MWC 2017, sedangkan HTC belum memberikan konfirmasi apa pun. Selain HTC, Xiaomi dan OPPO juga disebut tidak menghadiri perhelatan bergengsi tersebut.

Sekali lagi, karena MWC merupakan ajang industri perangkat bergerak, tiap perusahaan selalu berusaha mengumumkan produk baru semenarik mungkin. Karena pada akhirnya, produk tersebut akan dirilis pada waktu berikutnya. Kita, sebagai konsumen, bisa mengetahui produk unggulan apa yang muncul, dan bisa memutuskan apa yang akan kita beli tahun ini.

More Stories
Mengatur Lagu Favorit jadi Ringtone Alarm di Windows 10 Mobile