Samsung Mengumumkan Tablet Galaxy Tab S4 dan Tab A (2018)

tablet samsung galaxy s4

Samsung mengumumkan dua tablet baru, Samsung Galaxy Tab S4 dan Samsung Galaxy Tab A 10,5″. Yang pertama menyasar produktivitas, yang kedua menyasar hiburan untuk keluarga.

Saat ini memang tidak banyak tablet Android beredar. Perangkat ini tidak pernah bisa menyaingi kepopuleran smartphone. Apalagi saat ini ukuran layar handphone semakin besar.

Walau begitu Samsung percaya bahwa tablet masih memainkan peran penting. Masih ada beberapa fungsi yang lebih nyaman dinikmati dengan layar besar, tanpa perlu menggunakan komputer atau laptop. Tentu saja hal ini sangat bisa diperdebatkan. Tapi mari kita lihat lebih dekat.

Samsung Galaxy Tab S4

Sejak Microsoft menggebrak dengan tablet dengan kemampuan PC dari lini Surface Pro, banyak perusahaan teknologi lain mengikutinya. Apple dengan iPad Pro dan Google dengan Pixel C. Samsung menghadirkan tablet Galaxy Tab S4 dengan konsep yang serupa.

Secara umum penampilan tablet Samsung ini seperti yang sudah bocor sebelumnya. Samsung Galaxy Tab S4 memiliki layar 10,5 inci dengan rasio 16:10. Bingkai layar lebih tipis dari tablet sebelumnya dan tanpa tombol Home.

samsung galaxy tab s4
Samsung Galaxy Tab S4

Samsung melengkapi tablet ini dengan fungsi pena stylus, cover tambahan dengan keyboard, dan Samsung DeX untuk penggunaan seperti PC. Lalu, tablet ini juga mendukung berbagai colokan yang dibutuhkan untuk kegiatan produktif: USB-C, colokan audio, slot microSD, dan pin penghubung untuk keyboard.

Oya, Samsung Galaxy Tab S4 memiliki chipset Snapdragon 835, RAM 4GB, penyimpanan sampai 256GB, dan baterai 7300mAh dengan fast-charging. Tablet ini menggunakan Android 8.1 Oreo.

Dari sekilas fitur dan spesifikasi di atas, kelihatannya akan sulit bagi Samsung untuk bersaing dengan tablet produktivitas lain. Surface Pro, misalnya, bisa menjalankan Windows 10 sama seperti komputer. Sedangkan iPad Pro, yah, kita bicara Apple. Mereka punya ekosistem yang sudah kuat.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4
OS Android 8.1 Oreo
Chipset Qualcomm® Snapdragon™ 835 Octa Core (2.35GHz + 1.9GHz)
RAM 4GB
Penyimpanan
  • 64GB / 256GB
  • microSD sampai 400GB
Layar 10.5” WQXGA (2560×1600) sAMOLED
SIM Nano SIM card
Baterai
  • 7300 mAh
  • Fast charging
Kamera Belakang 13MP, autofocus, LED Flash, [email protected]
Kamera Depan 8MP, [email protected]
Audio 4 Speaker tuned by AKG, Dolby Atmos
Konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 5, GPS, USB 3.1 Type-C 1.0, audio 3,5 mm
Sensor Accelerometer, Compass, Gyroscope, RGB, Proximity, Iris Scanner, Hall Sensor

Samsung Galaxy Tab A (2018)

Secara keseluruhan, tablet Samsung Galaxy Tab A 10,5″ ini serupa dengan Tab S4. Keduanya sama-sama punya ukuran layar 10,5 inci minim bingkai dan 4 speaker dengan dukungan Dolby Atmos. Bedanya, layar tablet Tab A “hanya” menggunakan TFT LCD.

Selain itu spesifikasinya juga tidak tinggi. Walau Samsung tetap meletakkan baterai besar 7300mAh di sini. Jadi boleh dibilang, tablet ini adalah versi ringan Tab S4, tanpa fitur ekstra lain.

samsung galaxy tab a
Samsung Galaxy Tab A 10,5″ (2018)
Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A (2018)
OS Android 8.1 Oreo
Chipset Qualcomm® Snapdragon™ 450 Octa Core (1.8GHz)
RAM 3GB
Penyimpanan
  • 32GB
  • microSD sampai 400GB
Layar 10.5” WUXGA (1920×1200) TFT LCD
SIM Nano SIM card
Baterai
  • 7300 mAh
  • Fast charging
Kamera Belakang 8MP, autofocus, LED Flash, [email protected]
Kamera Depan 5MP, [email protected]
Audio 4 Speaker, Dolby Atmos
Konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GPS, USB 2.0 Type-C 1.0, audio 3,5 mm
Sensor Accelerometer, Compass, Gyroscope, RGB, Hall Sensor

Samsung belum memberikan informasi lebih jauh tentang harga dan ketersediaan kedua tablet ini. Tapi kalau kamu penasaran, silakan kunjungi situs resmi Samsung.

%d blogger menyukai ini: