Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

TalkBox for Windows Phone

Anom Penulis

Ini dia salah satu aplikasi menarik lain yang hadir di tengah kita, TalkBox for Windows Phone. TalkBox adalah layanan voice messenger untuk smartphone. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengirim suara kita untuk didengar oleh teman kita di ponsel mereka. Istilahnya kita bisa berbincang secara tidak langsung.

Secara keseluruhan, TalkBox mirip dengan WhatsApp. Tapi TalkBox lebih mengutamakan pesan suara sebagai fitur utamanya. Apa hanya itu? Tentu tidak.

Fitur TalkBox:

  • Push To Talk (PTT) Instant Walkie Talkie dan Voice Messaging
  • Mengirim pesan teks
  • Mengirim gambar
  • Mengirim geolocation
  • Ngobrol secara personal atau grup
  • Bisa menggunakan koneksi seluler maupun wi-fi
  • Menandai pesan jadi favorit
  • Mengganti warna tile untuk masing-masing ruang chatting (baik personal mau pun grup)
  • Sejarah percakapan
  • Cross platform (bisa untuk ponsel berbasis iOS, Android, Blackberry, dan tentu saja Windows Phone)
  • Gratis

Seperti sudah kami sebutkan, aplikasi ini menarik. Apabila pesan teks tidak cukup, sementara teman kita tidak bisa dihubungi melalui telpon, kita bisa meninggalkan pesan suara melalui aplikasi ini untuk didengar mereka kemudian. Toh kalau teman kita juga sedang ada, kita bisa berbincang dengan mengirim pesan secara bergantian. Tentu saja, karena koneksinya merupakan koneksi data, biaya yang dikeluarkan juga bisa jadi lebih ringan dikantong.

Bisa kita lihat dari fitur di atas, ada banyak fitur lain selain voice messaging. Jadi kita bisa mengirim gambar dan mendiskusikannya di sini. Kalau kita ada janji ketemu di suatu tempat, kita juga bisa mengirim lokasi tersebut dan memberi gambaran arahan pada teman kita (misal: kalau sudah sampai perempatan, tempatnya di sebelah tukang ojek yang bajunya kuning :D).

Nah, karena cara kerja dasarnya seperti walkie talkie atau HT (handy talkie) yaitu percakapan pendek-pendek, pesan bisa dikirim dengan ringan dan cukup cepat. Maksimal durasi pesan yang dikirim adalah 60 detik (1 menit). Saat sudah mendekati batas waktu, ada hitungan mundur yang muncul untuk memperingatkan kita. Kalau koneksi lancar, tidak lama juga kok mengirim pesan suara sepanjang 60 detik itu.

Oya, sebenarnya disebutkan juga bahwa Talkbox terintegrasi dengan kontak di phonebook kita. Tapi sejauh yang kami coba, hal ini belum terjadi. Kita harus mengetahui username atau alamat email teman yang akan kita ajak berbincang. Di samping itu, belum ada juga fungsi undangan (invitation) untuk teman yang belum menggunakan aplikasi ini.

Satu lagi, ada sedikit kesulitan saat meng-upload foto. Prosesnya agak lama, dan ketika tidak terkirim agak mengganggu jalannya percakapan. Kadang kita harus meluncurkan ulang aplikasi ini. Hm, mungkin kecepatan koneksilah yang berpengaruh.

Tampilan TalkBox

Download: TalkBox di Marketplace