Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

YouTube Update Tampilan Versi Terbaru, Tombol Subscribe Lebih Jumbo!

tampilan youtube terbaru
Sumber: YouTube Blog
Indri Penulis

Tampilan YouTube terbaru sekarang jadi lebih seru! Sekarang tombol Subscribe bahkan dibikin lebih jumbo dan berwarna lho.

YouTube telah menemani miliaran orang di dunia selama bertahun-tahun. Jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, tampilan YouTube ‘sudah sedikit’ mengalami perubahan.

Yah, kita mulai dengan tampilan logonya yang saat ini terlihat lebih modern. Tidak hanya itu, layout YouTube juga mengalami perombakan selama beberapa tahun terakhir.

Walau pernah mengalami perombakan desain, tapi hal tersebut ‘sangat jarang terjadi.’ So, kalau ada sedikit saja perubahan desain pada YouTube, itu akan menjadi hal yang sangat berarti untuk pengguna.

Tampilan YouTube Terbaru & Fitur yang Lebih Fresh

Di tahun 2022 ini, YouTube resmi merayakan ulang tahunnya yang ke-17 tahun. Dalam perayaan kali ini, YouTube sempat membuka jajak pendapat dengan penggunanya.

Dalam jajak pendapat tersebut, YouTube bertanya, apakah sudah saatnya YouTube mendapat tampilan baru? Sontak mayoritas pengguna mengiyakan pertanyaan tersebut, dan inilah hasilnya!

Tampilan Tombol Subcribe Lebih Trendy dan Jelas

Tampilan YouTube terbaru yang paling mencolok dalam perubahan kali ini ada di tombol Subscribe. Ya, ini adalah salah satu fitur terpenting yang ada di YouTube.

Seperti yang kita tahu, tombol Subscribe biasanya ada dibawah nama channel. Nah dalam pembaruan ini, tombol Subscribe ada di samping kanan nama channel.

Tidak hanya itu, tampilan tombol Subscribe juga terlihat berubah total. Tombol yang awalnya cuma menampilkan huruf kapital berwarna merah itu, sekarang lebih jumbo!

via GIPHY

Tombol Subscribe sekarang hadir dengan bentuk ala kapsul berukuran besar. Nggak cuma itu, tombol tersebut diberi aksen warna putih yang membuatnya sangat mencolok.

Dengan desainnya yang lebih baru, tombol Subscribe tidak hanya jadi lebih fresh. Tapi penonton juga bisa lebih gampang kalau mau men-subscribe channel idola mereka.

Di sisi lain, YouTube juga siap memberikan sedikit perombakan pada Dark Mode / Mode Gelap. YouTube akan membuat Dark Mode menjadi semakin gelap. Perubahan tersebut akan diluncurkan di web, aplikasi mobile dan Smart TV.

Masih masalah tampilan, YouTube juga merombak fitur playlist. Fitur tersebut kini akan menampilkan lebih banyak detil tentang setiap playlist, dengan gradasi warna lebih menarik.

Jajaran Fitur Baru Bikin YouTube Lebih Asik

Selain merombak tampilannya, YouTube juga memboyong beberapa fitur baru lho! Apa saja fitur baru hadir di YouTube? Yuk, kita bahas semuanya.

Fitur pertama yang resmi dihadirkan YouTube adalah Pinch to Zoom. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mencubit layar untuk memperbesar tampilan video.

via GIPHY

Apa bedanya Pinch to Zoom dengan fitur zoom biasa? Dengan Pinch to Zoom kamu bisa memperbesar video sampai ke detil / ukuran yang diinginkan. Sedangkan fitur zoom biasa hanya mendukung perbesaran yang sudah ditentukan YouTube.

Selain itu saat pengguna melepaskan cubitan dari layar, layar akan tetap nge-zoom seperti tadi. Dengan begitu pengguna bisa melihat sisa durasi video dengan lebih detil.

Lanjut ke fitur kedua, kita bertemu dengan Ambient Mode. Mode ini akan membuat tampilan saran rekomendasi konten dari YouTube jadi lebih berwarna.

tampilan youtube terbaru
Sumber: YouTube Blog

Ambient Mode memberkenalkan efek halus, sehingga warna latar belakang aplikasi bisa sesuai dengan video. Fitur Ambient Mode akan tersedia di YouTube web dan aplikasi mobile dalam tema gelap.

Terakhir, YouTube turut mempercanggih fitur pencarian. Fitur ini akan membantu pengguna dengan cepat menemukan bagian video yang paling disukai.

Contohnya pengguna bisa menekan lama video untuk mencari klip yang diinginkan. Pengguna juga bisa mengetuk video dua kali dengan dua jari untuk melewati klip tertentu. Bahkan YouTube juga menambahkan grafik klip yang paling sering diputar lho.

Kapan Perubahan dan Fitur-Fitur Diatas Diluncurkan?

Berdasarkan pengumuman YouTube Blog, YouTube sudah mulai meluncurkan pembaruan secara berkala. Tapi YouTube janji, pembaruan di atas akan diterima semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

So, kalau saat ini kamu belum menerima pembaruan, sabar dulu ya. Kamu tunggu saja pembaruan selama beberapa minggu ke depan.

Yak, itu dia kabar soal tampilan YouTube terbaru versi terbaru dan beberapa fitur anyar yang hadir di platform merah. Dari beberapa perubahan di atas, mana yang menurutmu paling seru? Kalau saya sih malah suka Pinch to Zoom.

Jika kamu ingin masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar YouTube lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar kabar terbaru, tutorial, fitur unik, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Hadirnya Tampilan Baru YouTube & Fitur yang Lebih Fresh – https://blog.youtube/news-and-events/an-updated-look-and-feel-for-youtube/