Tampilan & Fitur Rapat Baru Google Meet Bakal Lebih Oke

Google rencananya akan menyegarkan tampilan dan menambah fitur baru Google Meet bulan depan, untuk pengguna desktop dan laptop.

Hampir tepat setahun sejak Google membuat Google Meet gratis untuk semua orang. Sejak itu, Meet telah membantu jutaan orang tetap terhubung (via video call) di tengah pandemi.

Dalam pengumumannya baru-baru ini, Google mengatakan jika mereka akan membawa tampilan dan fitur baru ke Google Meet bulan depan.

Mengintip Tampilan dan Fitur Baru Google Meet

Mulai bulan depan, kamu bakal melihat tampilan dan fitur baru di Google Meet. Dimulai dari tampilannya lebih dulu, kamu akan bisa memasang dan melepas pin di konten.

Dalam beberapa bulan mendatang, kamu juga akan bisa memsang pin di beberapa tile/ubin, untuk menyesuaikan apa yang ingin kamu fokuskan.

Misalnya, kamu bisa menyorot presentasi dan pembicara, atau beberapa pembicara sekaligus. Nama peserta konferesi video akan selalu terlihat. Jadi kamu bisa dengan cepat melihat siapa yang lebih aktif selama panggilan berlangsung.

Di sisi lain, Meet nanti juga memungkinkan kamu untuk memperkecil atau menyembunyikan gambarmu sendiri saat panggilan berlangsung.

Fitur ini sangat cocok buat kamu yang tidak merasa PD saat melihat wajah sendiri ketika panggilan video. Lewat opsi anyar ini, kamu juga bisa menempatkan umpan video-mu di ubin kisi peserta rapat, mengubah ukuran, atau menampatkannya di mana pun kamu mau.

Salah satu perubahan yang paling terlihat, yakni perubahan bilah bawah rapat untuk menempatkan semua kontrol di satu tempat. Itu artinya obrolan, lampiran dan daftar peserta semuanya ada di bagian bawah. Efeknya, tampilan panggilan video pun jadi lebih longgar.

Oya, Google juga memindahkan tombol akhiri panggilan dan mikrofon dari kamera. Dengan begitu, kamu tidak akan meninggalkan panggilan secara tidak sengaja.

Bersamaan dengan peningkatan UI ini, Meet mengenalkan mode cahaya rendah ke versi web. Nantinya, Google Meet versi web bakal otomatis mendeteksi saat kamu kelihatan gelap, dan Meet akan meningkatkan kecerahanmu. Fitur ini akan tersedia beberapa minggu kedepan.

Tak cuma merombak tampilannya, Meet juga bakal menghadirkan fitur anyar untuk meningkatkan pengalaman audio dan video.

Untuk mendukung video call saat kamu dalam perjalanan, Meet juga meluncurkan Data Saver bulan ini. Sesuai namanya, fitur ini bakal membatasi pemakaian data di jaringan seluler (weh, cocok banget buat negara Indonesia nih).

Google Meet juga memperkenalkan fitur baru bernama Autozoom. Fitur ini dapat membantu orang lain melihatmu lebih jelas, dengan cara memperbesar dan memposisikan kamu tepat di depan kameramu. Autozoom akan tersedia untuk pelanggan Google Workspace (berbayar) beberapa bulan lagi.

Terakhir, Google juga menambahkan pengganti latar belakang video ke Meet. Fitur ini memungkinkan kamu memilih background antara ruang kelas, pesta, atau yang lainnya, untuk menggantikan background asli ruanganmu. Fitur ini akan tersedia beberapa minggu lagi.

%d blogger menyukai ini: