Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Bagi Apple, Laptop Windows & Ponsel Android itu Perangkat Nggak Seksi

Anom Penulis

Mungkin sudah bukan rahasia kalau sebuah perusahaan tidak menunjukkan keunggulan produk perusahaan lain. Tapi di dunia Apple, hal itu lebih parah lagi. Bagi Apple, laptop Windows dan ponsel Android adalah perangkat jadul yang tidak menarik.

Apple sendiri sudah terkenal sebagai perusahaan teknologi yang hampir selalu menghadirkan perangkat dengan desain yang seksi. Bahkan sudah menjadi trendsetter. Tidak jarang desain yang ada di produk Apple kemudian diikuti oleh produk merek lain.

Namun bukan berarti produk perusahaan lain ketinggalan. Banyak juga produk — baik laptop maupun ponsel — dari merek lain yang tidak kalah seksi. Misalnya laptop ASUS ZenBook 14 OLED atau ponsel Samsung Galaxy S21 Ultra.

Toh setiap kali Apple menunjukkan sebuah fitur yang juga bisa diakses di perangkat Windows dan Android, tampilannya selalu kelihatan bapuk.

Penampilan Perangkat Windows & Android di Acara Apple

Misalnya di WWDC22, ketika Apple membicarakan fitur Passkey sebagai solusi non-password. Fitur non-password ini juga menyertakan Google dan Microsoft sebagai pendukung aliansi FIDO. Dengan begitu, iPhone sebagai salah satu perangkat yang meyimpan Passkey bisa bekerja sebagai otentikasi untuk laptop Windows.

Laptop Windows yang Apple tampilkan itu tidak menunjukkan desain yang kekinian. Baik bingkai (bezel) layar dan bodi laptop itu terlihat tebal. Tidak tipis seperti yang sudah beredar masa kini. Ironisnya, laptop Windows lebih dulu memiliki bingkai layar lebih tipis daripada laptop MacBook.

Tampilan ini bisa kamu lihat pada keynote WWDC22 pada waktu sekitar 1:20:33.

Begitu juga pada tahun lalu di WWDC 2021. Ketika itu Apple membicarakan FaceTime yang sudah bisa kita ikuti lewat perangkat lain. Dalam hal ini ponsel Android.

Ponsel Android yang Apple tunjukkan — bersanding dengan iPhone — hadir dengan bingkai layar yang besar dan masih ditambah notch. Jadi bukan ponsel Android dengan bingkai kecil atau lubang kamera di layar.

Heh, iPhone yang muncul itu sendiri tidak menunjukkan notch yang dimilikinya. Walau iPhone X mempopulerkan notch, sebenarnya ponsel Android sudah lebih dulu menerapkannya.

Tampilan ini bisa kamu lihat pada keynote WWDC21 pada waktu sekitar 9:23.

Yah, menampilkan produk tertentu dari perusahaan lain di acara sendiri memang bukan langkah yang baik dan bisa kita pahami. Tapi ya nggak gitu juga kali ya.

Karena sebenarnya, kalau kita bicara desain layar, baik laptop maupun ponsel sekarang juga sudah punya tampilan yang generik. Yang jelas, punya bingkai tipis. Jadi bingkai tebal seperti yang Apple tampilkan itu jelas nggak relevan.

Khusus untuk ponsel Android, lubang kamera di layar juga sudah jadi standar, apapun mereknya. Tapi untuk hal ini, mungkin kita bisa memakluminya lebih jauh. Karena rumornya, Apple baru akan menerapkan lubang kamera di layar pada iPhone 14 versi Pro.

Hm, mungkin ketika di masa depan laptop Windows dan ponsel Android sudah punya bentuk yang lebih baru (seperti di konsep Microsoft), Apple masih akan menampilkannya seperti gambar di atas. Mungkin….

    %d blogger menyukai ini: