Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Lenovo Bikin Ponsel “Lenovo ThinkPhone,” Begini Tampilan Gambar Rendernya!

Sumber: Dailynyus
Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan kalau Lenovo bikin ponsel “Lenovo ThinkPhone.” Kamu bisa lihat seperti apa bocoran desainnya di sini.

Lenovo ThinkPad, mungkin bagi kebanyakan orang, ThinkPad hanya embel-embel khusus untuk produk laptop Lenovo. Ya nggak mengejutkan juga. Pasalnya selama ini laptop lenovo ThinkPad cukup rajin merajai pasar.

Tapi tahu nggak, ternyata produk ThinkPad nggak cuma dari lini laptop saja lho. Lenovo ternyata juga pernah mendebutkan tablet dari ThinkPad.

Tidak terasa, ternyata sudah lebih dari 10 tahun yang lalu Lenovo memperkenalkan tablet Android ThinkPad generasi pertama. Sayangnya ThinkPad Tablet 2 justru tidak menjalankan Android melainkan Windows. Begitu juga dengan ThinkPad 8 Tablet dan 10 Tablet yang rilis beberapa tahun setelahnya.

Baru-baru ini ada kabar terbaru dari situs 91mobiles yang mengatakan bahwa Lenovo akan segera kembali dengan produk berbasis Android. Tapi, bukan meluncurkan produk tablet seperti sebelum-sebelumnya.

Menurut render yang beredar, produk tersebut berasal dari lini ponsel dan bernama “Lenovo ThinkPhone.”

Render Ponsel Lenovo ThinkPhone

Seperti yang kamu lihat pada gambar di bawah ini, itu adalah render ThinkPhone. Walaupun kualitas gambarnya kurang tajam, tapi setidaknya kita sudah mendapat gambaran seperti apa desain bagian depan dan belakang ponsel.

Kita mulai dari bagian belakang terlebih dulu. Terlihat jelas branding di pojok kanan bawah bernama “ThinkPhone.” Menariknya pada huruf ‘i’ samar-samar terlihat sebuah titik merah. Tanda tersebut mewakili TrackPoint yang identik dengan laptop.

Render Lenovo ThinkPhone – Sumber: 91mobiles

Sekarang kita beralih ke desain modul kamera belakang ponsel. Seperti yang bisa kamu lihat, ponsel tersebut mengemas modul kamera berbentuk persegi panjang.

Di dalam modul terdapat tiga sensor kamera dengan ukuran cukup besar dan didesain membentuk huruf ‘L.’ Terakhir, di samping sensor paling atas ada fitur seperti Flash LED.

Baca Juga:  Huawei Mate Xs 2 Sajikan Spesifikasi Snapdragon 888, Stylus Support, dll

Sayangnya belum diketahui berapa resolusi dari masing-masing sensor yang dipakai ThinkPhone. Tapi kalau dilihat dari desain modul kameranya, sepertinya tidak akan ada yang menarik. Modul kamera seperti ini sudah banyak dipakai di ponsel pada umumnya. Ya kan?

Sementara untuk bagian depan, tetap tidak ada yang menarik. Ponsel ini menggunakan layar datar, dan terlihat jelas kalau ponsel ini akan mendukung fitur pemindai sidik jari dalam layar.

Selain itu samar-samar terlihat ada sebuah punch-hole yang terletak di bagian tengah atas layar sebagai tempat kamera selfie.

Sayangnya baru itu saja bocoran yang dibeberkan oleh situs 91mobiles. Situs tersebut tidak membeberkan seperti apa spesifikasi dan fitur (chipset, kamera, baterai, ukuran layar, dll) yang dimiliki oleh calon ponsel baru Lenovo.

Lenovo sendiri sampai sekarang belum memberikan konfirmasi mengenai temuan render ponselnya itu. Jadi kabar ini sebenarnya belum bisa diharapkan 100% kebenarannya.

Apakah Lenovo ThinkPhone akan Jadi Ponsel Bisnis?

Pertanyaan yang cukup menarik sih sebenarnya. Seperti yang kita tahu, Lenovo sudah menggunakan merek Legion untuk membuat berbagai ponsel gaming.

Sudah ada beberapa ponsel gaming Lenovo Legion yang diluncurkan oleh Lenovo. Beberapa diantaranya adalah Lenovo Legion Phone Duel, Lenovo Legion Phone Duel 2, Lenovo Legion Y90, dll.

Kalau Lenovo Legion diperuntukkan untuk perangkat gaming, berbeda dengan ThinkPad. Selama ini laptop-laptop Lenovo ThinkPad dirancang khusus sebagai perangkat penunjang bisnis.

Pertanyaannya, apakah ThinkPhone juga akan dirancang sebagai ponsel bisnis? Kalau benar ponsel ini dirancang khusus untuk ponsel bisnis, harusnya ia bisa mengemas berbagai fitur bawaan penunjang aktivitas bisnis.

Yah misalnya aplikasi kerja yang umum dipakai orang, ditenagai chipset kuat supaya bisa menjalankan aplikasi kerja yang berat, dll. Kalau spesifikasinya sama seperti ponsel-ponsel lainnya, mungkin kalangan pebisnis bakal lebih suka pakai tablet atau ponsel dengan dukungan pen seperti Samsung Galaxy S22 Ultra atau Samsung Galaxy Z Fold 4. Bagaimana menurutmu?