Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Resmi Dirilis! Begini Tampilan Samsung One UI 5 Berbasis Android 13

Indri Penulis

Samsung resmi meluncurkan open beta One UI 5 berbasis Android 13 untuk pengguna Samsung Galaxy S22 di negara tertentu seperti Amerika Serikat, Jerman dan Korea Selatan.

Dalam pengumumannya, walaupun saat ini beta terbuka baru diluncurkan di beberapa negara, tapi Samsung berjanji kalau mereka akan segera meluncurkan beta terbuka ke lebih banyak negara dalam beberapa minggu lagi.

popculture.id

Sementara itu, beta terbuka One UI 5 kali ini datang hanya beberapa minggu sebelum Android 13 resmi rilis, dan hanya beberapa hari sebelum acara Samsung Galaxy Unpacked.

Seperti OS yang didukungnya, One UI 5 terlihat cuma menghadirkan sedikit pembaruan yang terdiri dari beberapa opsi penyesuaian, penyesuaian pada notifikasi, dan juga pengaturan aksesibilitas serta sistem keamanan yang lebih dimutakhirkan.

Oke, sekarang kita bahas soal One UI 5. Skin One UI 5 dibuat berdasarkan opsi tema Android 13. Skin ini menawarkan hingga 16 tema warna prasetel berdasarkan wallpaper pengguna, dan juga 12 opsi warna tambahan untuk layar beranda, ikon, dan panel cepat.

One UI 5 juga memperkenalkan cara untuk menumpuk widget berukuran sama di atas satu sama lain supaya tampilan ponsel nggak terlalu berantakan.

One UI 5 juga menawarkan beberapa fitur aksesibilitas. Contohnya alat Magnifier yang menggunakan kamera ponsel untuk memperbesar objek dan juga live text. Lalu ada juga opsi supaya ponsel dapat membaca input keyboard dengan keras.

Samsung juga merinci beberapa fitur lain yang mereka adopsi dari Android 13. Seperti pengaturan notifikasi baru yang mengharuskan pengembang aplikasi untuk meminta izin pengguna sebelum mengirim notifikasi.

One UI 5 beta juga memungkinkan pengguna untuk mengatur bahasa pilihan sesuai aplikasi yang dipakai (beda aplikasi, bisa pakai bahasa berbeda), dan memberi akses ke dasbor keamanan yang telah didesain ulang.

Di sisi lain, Samsung saat ini makin memperlebar jarak rilis antara pembaruan One UI yang sekarang dengan sebelumnya. Flashback tahun lalu, Samsung meluncurkan beta One UI 4 pada September 2021.

Itu pun sudah lebih awal dibanding peluncuran beta One Ui 3. Nah sekarang One UI 5 rilis awal Agustus 2022. Bukankah ini menjadi kabar bagus buat pengguna Samsung? Mereka jadi bisa menikmati pembaruan OS lebih awal.

Sementara itu, open beta Samsung One UI 5 saat ini baru tersedia di perangkat Samsung Galaxy S22 Series di Amerika Serikat, Jerman dan Korea Selatan.

Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, Samsung akan meluncurkan beta ini ke berbagai negara dalam waktu dekat. Kemungkinan besar kita akan mendengar info lebih lengkap soal One UI 5 di acara Galaxy Unpacked 2022 ke-2 tanggal 10 Agustus mendatang.

    %d blogger menyukai ini: