Valve Luncurkan Konsol Game Genggam Steam Deck

Valve mengumumkan perangkat baru berupa konsol genggam untuk game yang bernama Steam Deck. Konsol ini cukup mirip dengan Nintendo Switch, terutama untuk beberapa fitur yang dimilikinya.

Valve berencana merilisnya secara resmi pada bulan Desember 2021 di wilayah tertentu. Pemesanannya sendiri sudah mulai berjalan pada tanggal 16 Juli 2021 pada pukul 1 PM ET (17 Juli 2021 00:00 WIB). Steam Deck memiliki harga $399, $529, dan $649 tergantung spesifikasi.

Steam Deck menggunakan prosesor AMD APU yang memiliki CPU dengan arsitektur Zen 2 dan GPU dengan arsitektur RDNA 2. Di dalamnya juga terdapat RAM 16GB dan memiliki pilihan penyimpanan 64 GB eMMC, 256 GB NVMe SSD, dan 512 GB NVMe SSD (ada dukungan microSD). Sedangkan baterainya memiliki kapasitas 40Whr (sampai sekitar 8 jam).

Tapi yang menarik pada konsol ini adalah fiturnya. Ada banyak tombol untuk input dan berbagai cara pemakaian, termasuk dukungan dock dan aksesori.

Ada layar sentuh 7 inci dengan resolusi 1280 x 800 (sama seperti Nintendo Switch OLED), D-pad, 2 thumbstick, tombol ABXY, trackpad seperti di Steam Controller, 2 pasang tombol bahu L dan R, dan juga 2 pasang tombol belakang L dan R. Selain itu masih ada tombol View, Option, Steam, Quick Access, dan tombol Volume.

Cara memainkannya yang utama tentu dengan kamu genggam. Tapi dengan memakai docking, kamu bisa menghubungkannya ke monitor eksternal atau TV. Selain itu, kamu juga bisa memakai aksesori kontroller eksternal untuk main game di konsol ini.

Valve memasang sistem operasi yang disebut SteamOS (yang berbasis Linux) versi baru di Steam Deck. Di sini kamu bisa mengakses semua koleksi game yang kamu punya di Steam yang tersedia untuk sistem operasi ini (di Steam ada daftarnya).

Selain itu, kamu juga bisa install aplikasi PC, termasuk menelusuri internet dan menonton tayangan streaming. Karena pada dasarnya, konsol ini memang PC.

Hm, mungkin saya perlu koreksi perkataan yang menyebutkan kalau konsol ini mirip Nintendo Switch. Mungkin lebih tepat kalau saya sebut mirip dengan One XPlayer (yah, yang juga disebut mirip Switch).

Kalau kamu penasaran, silakan kunjungi situs resmi konsol ini. Walau Valve menyebutkan rilis akhir tahun 2021 baru untuk wilayah Amerika, Kanada, Eropa, dan juga Inggris, wilayah lain akan menyusul di tahun 2022.

Apa kamu berminat?

%d blogger menyukai ini: