Tampilan Website Populer Saat Pertama Kali Meluncur

Pernahkah kalian bertanya-tanya seperti apa tampilan website yang kini populer saat dulu pertama kali hadir? Di sini kami sajikan beberapa di antaranya, meliputi tampilan pertama Facebook, Google, Instagram, Wikipedia, dan YouTube.

Teknologi memang sudah sangat jauh berkembang. Sampai mungkin anak jaman sekarang susah membayangkan bagaimana wajah internet dulu. Terutama untuk berbagai website yang kini sangat populer.

Sebagian besar wajah website populer ini memang berbeda. Walau ada juga yang mirip. Seperti Google yang masih membawa tampilan minimalisnya (sekarang malah lebih minimalis).

Sebenarnya saat ini kamu masih bisa melihat sendiri. Kami pernah berbagi cara melihat website jadul dengan Wayback Machine. Tapi kalau kamu malas, berikut tampilan website Facebook, Google, Instagram, Wikipedia, dan YouTube saat pertama kali meluncur.

Facebook

Raksasa media sosial ini dulu memiliki nama dan alamat url yang berbeda. Mark Zuckerberg dulu menamainya TheFacebook dengan alamat thefacebook.com. Baru pada tahun 2005 embel-embel “The” tidak dipakai lagi.

Inilah tampilan pertama Facebook yang tercatat pada tanggal 12 Februari 2004.

tampilan awal thefacebook yang jadi facebook

Google

Sebagai website mesin pencari, Google sudah muncul di internet cukup lama. Tampilan pertama Google terekam pada tanggal 11 November 1998. Namun tampilan itu kemudian berubah. Rekaman pada tanggal 2 Desember 1998 sudah menunjukkan versi beta dengan logo warna-warni dan kotak pencarian di tengah.

Tampilan pertama Google yang nampak resmi terekam pada tanggal 12 Oktober 1999. Bisa kamu lihat, ada elemen website Google yang masih bertahan hingga kini.

Instagram

Instagram pertama kali hadir sebagai aplikasi di iPhone. Rekaman tampilan website pertama Instagram pada tanggal 24 Agustus 2010 masih berupa pemberitahuan. Baru rekaman pada tanggal 12 Oktober 2010-lah yang menunjukkan ada tombol untuk download aplikasi Instagram di App Store.

Oya, dulu Instagram memakai alamat url: instagr.am.

Wikipedia

Ensikopedia yang menjadi rujukan sejuta umat ini pertama kali bulan Januari 2001. Namun tampilan pertama Wikipedia ada pada rekaman tanggal 31 Maret 2001. Seperti Google, Wikipedia pun masih membawa beberapa ciri khas dari dulu. Seperti konten yang sebagian besar berupa teks.

tampilan awal website wikipedia

YouTube

YouTube mulai memiliki rekaman penampilan pertama pada tanggal 28 April 2005. Namun dalam bulan-bulan awal itu, terjadi perubahan yang cukup cepat. Rekaman pada tanggal 14 Juni 2005 sudah ada desain yang berbeda, yang kemudian berubah lagi pada tanggal 25 Juni 2005.

%d blogger menyukai ini: