Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mirip Instagram, YouTube Beri Tanda Khusus Pas Akun Sedang Live Streaming

Indri Penulis

YouTube tambahkan tanda baru untuk akun yang sedang live streaming. Tanda ini terlihat mirip seperti yang ada di Instagram dan TikTok.

Fitur live streaming atau siaran langsung mungkin sudah nggak asing buat banyak orang. Pasalnya sekarang kebanyakan media sosial sudah mendukung fitur live streaming, jadi pengguna bisa melakukan interaksi secara langsung dengan penontonnya.

YouTube sebagai salah ratu raksasa platform streaming video juga nggak mau kalah. Mereka juga punya fitur live streaming, cuma mungkin ‘tampilan luarnya’ agak berbeda dari media sosial sekelas Instagram dan TikTok.

Kalau di Instagram dan TikTok, kita bisa langsung mengenali akun mana yang sedang melakukan live streaming. Pasalnya foto profil akun tersebut akan dikelilingi lingkaran dan ada tulisan “LIVE” di bawahnya.

Sedangkan di YouTube, nggak ada tanda seperti itu. Cara mengetahui seseorang sedang live streaming adalah dengan melihat tulisan “Live Streaming” yang ada di bawah judul siaran langsung.

Tapi nggak perlu khawatir, karena YouTube baru-baru ini resmi merombak tampilan siaran langsung mereka. Kabar ini diumumkan oleh Chief Product Officer YouTube, Neal Mohan, dalam cuitan Twitter-nya.

Bisa kamu lihat dalam unggahan Neal Mohan, sekarang setiap ada akun YouTube yang sedang siaran langsung, maka foto profil mereka akan dikelilingi lingkaran merah dengan label “LIVE” di bawahnya.

Baca Juga:  YouTube Rilis Fitur "Pre-Publish Checks" Buat Aplikasi Seluler

Nah dengan adanya perombakan kecil ini, pengguna YouTube akan lebih mudah menemukan akun mana yang tengah melakukan siaran langsung.

Kalau menurutmu gimana? Suka sama desainnya nggak? Kalau saya sih, cukup suka. Tapi mungkin bakal lebih seru lagi kalau YouTube menambahkan efek ‘berdenyut’ ala TikTok di tanda siaran langsung. Dijamin pengguna bakal jauh lebih mudah menemukan akun yang sedang siaran langsung.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya YouTube ‘mengadopsi’ fitur dari Instagram dan TikTok. Sebelumnya, YouTube pernah bikin fitur Stories yang mirip Instagram Stories. YouTube juga bikin Shorts, fitur mirip TikTok yang memungkinkan penggunanya mengunggah video pendek berbentuk vertikal.

Hm.. Sepertinya tradisi ‘saling mengadopsi fitur’ akan menjadi budaya yang terus dilestarikan sama mereka nih. Hehehe.