Inilah 6 Tanda Kalau Laptop Kamu Harus Segera Install Ulang

Laptopmu sudah nggak bersahabat lagi? Wah, jangan-jangan itu tanda kalau laptop kamu harus segera install ulang. Yuk, cek tanda-tandanya di sini!

Siapa sih yang nggak bahagia punya laptop super ngebut? Mau dipakai aktivitas apa pun, performa laptop terasa enteng dan benar-benar smooth. Selain nyaman digunakan, performa laptop yang sebening ini juga bikin produktivitas meningkat.

Tapi gimana jadinya kalau laptop mulai lemot? Mau buka aplikasi tapi laptop lemot, saat dipakai beraktivitas laptop tiba-tiba macet, hmmm.. Pasti kesal banget kan?

Nah kalau kamu mengalami beberapa masalah di atas, mungkin ini sudah waktunya laptop kamu harus install ulang. Biar makin paham, saya bakal mengajakmu kenalan sama beberapa tanda kalau laptop kamu sudah minta install ulang.

Sumber : Freepik

Booting Laptop Super Lambat

Buat yang belum tahu booting, jadi booting adalah proses di mana laptop / PC mempersiapkan sistem operasi ke dalam memori komputer. Dengan melalui proses ini, seluruh hardware yang ada di laptop / PC bakal bisa bekerja dengan baik. Intinya booting adalah proses yang harus dilalui laptopmu sebelum masuk ke desktop.

Dulu pas laptop masih baru, proses booting pasti bakal cepat banget. Iya nggak sih? Tapi kalau laptopmu sudah minta untuk di-install ulang, biasanya proses booting-nya bakal lama banget (ya atau nggak seperti biasanya lah).

Loading Laptop Sering Lemot

Kamu pernah atau sering mengalami kasus yang satu ini nggak? Mau membuka apa-apa, tapi loading laptopmu lemot banget.

Biasanya kejadian ini terjadi saat kamu mau membuka file explorer, aplikasi, browser, game, dll. Kalau kamu sering mengalami kejadian nggak mengenakkan seperti ini, boleh jadi laptopmu minta di-install ulang.

Laptop Terinveksi Virus / Malware

Tanda-tanda yang ketiga ini disebabkan oleh adanya infeksi virus atau malware. Biasanya virus yang menginfeksi laptop bakal menyerang software yang ada di dalamnya. Akibatnya software bisa rusak dan nggak bisa dibuka.

Langkah efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah melakukan install ulang. Selain itu kamu juga bisa melakukan scanning pakai aplikasi antivirus sampai bersih.

Sering Ada Aplikasi yang Terbuka Sendiri

Pernah mengalami kejadian seperti ini? Hahaha, merasa horor ya? Jangan-jangan laptopmu habis dipakai hantu. Makanya tiba-tiba ada aplikasi yang terbuka sendiri.

Tapi tenang, nggak sehoror itu kok. Kasus ini memang sering bikin bingung para pengguna laptop sih. Pasalnya tanpa kamu buka, aplikasi tertentu terbuka dan berjalan dengan sendirinya. Jarang disadari orang, sebenarnya ini salah satu tanda kalau laptopmu perlu di-install ulang lho.

Aplikasi Menutup Sendiri Saat Dipakai

Kalau tadi tiba-tiba aplikasi main jalan sendiri, kalau sekarang kebalikannya. Saat kamu asyik menggunakan aplikasi tertentu di laptop, eh dia tiba-tiba tertutup dengan sendirinya.

Gimana, sering mengalaminya? Kalau iya, gangguan ini biasanya disebabkan oleh RAM yang penuh. Ini karena ada banyak program yang dijalankan secara otomatis oleh sistem operasi laptopmu.

Laptop Sering Not Responding

“Not Responding” adalah salah satu kata yang paling menjengkelkan bagi pengguna laptop. Bagaimana tidak, sedang membuka sebuah program, eh laptop tiba-tiba macet dan muncul tulisan “Not Responding.” Kalau kamu sering menemui kejadian semacam ini, mungkin laptopmu ingin segera di-install ulang.

%d blogger menyukai ini: