ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

Snapdragon 8 Gen 1+ Rilis Mei 2022, Lebih Adem dari Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 895 1
Avatar of Indri
Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan jika chipset Snapdragon 8 Gen 1+ rilis Mei 2022. Konon chipset ini jauh lebih adem dibanding Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm resmi meluncurkan chipset kelas atas terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1 akhir tahun 2021. Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset 4nm pertama Qualcomm, yang core-nya didasarkan pada desain ARMv9.

Nggak berselang lama setelah perilisan Snapdragon 8 Gen 1, rumor mengenai varian β€œ+” mulai beredar. Konon chipset dengan nomor model β€˜SM8475’ itu akan akan diberi nama β€œSnapdragon 8 Gen 1+” dan akan menggunakan node 4nm TSMC, bukan milik Samsung.

Karena Snapdragon 8 Gen 1+ pakai node 4nm bikinan TSMC, berbagai pihak optimis kalau chipset ini nggak akan mudah overheat (alias lebih adem dan nggak mudah panas) dan mencekik kinerja, beda jauh sama saudaranya Snapdragon 8 Gen 1. Ini karena node 4nm bikinan TSMC terkenal jauh lebih efisien.

svg%3E

Sementara itu baru-baru ini muncul rumor terbaru soal perilisan Snapdragon 8 Gen 1+. Dilansir dari situs On Site Go, Snapdragon 8 Gen 1+ akan rilis bulan Mei 2022.

Situs tersebut juga menambahkan jika ponsel Snapdragon 8 Gen 1+ pertama akan diluncurkan sebelum akhir Mei 2022, dan tersedia bulan Juni. Daftar pelanggan yang β€˜kabarnya’ sudah memesan chipset ini adalah Lenovo, Motorola, OnePlus dan Xiaomi.

Namun sepertinya masih ada satu lagi perusahaan yang siap memakai Snapdragon 8 Gen 1+, dan ia adalah Samsung. Berdasarkan bocoran dari Ice Universe baru-baru ini, jajaran ponsel lipat Samsung seperti Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 bakal pakai Snapdragon 8 Gen 1+. Bahkan menariknya, ponsel layar gulung pertama Samsung Flex Slideable juga bakal pakai Snapdragon 8 Gen 1+.

Di sisi lain, situs On Site Go juga membocorkan kalau chipset Snapdragon 7-Series akan debut dalam waktu yang hampir bersamaan dengan Snapdragon 8 Gen 1+. Rumornya chipset Snapdragon 7-Series kini telah berada di tangan pembuat smartphone untuk diuji dan persiapan peluncuran produk.

Penulis