Snapdragon 8 Gen 1+ Rilis Mei 2022, Lebih Adem dari Snapdragon 8 Gen 1

Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan jika chipset Snapdragon 8 Gen 1+ rilis Mei 2022. Konon chipset ini jauh lebih adem dibanding Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm resmi meluncurkan chipset kelas atas terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1 akhir tahun 2021. Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset 4nm pertama Qualcomm, yang core-nya didasarkan pada desain ARMv9.

Nggak berselang lama setelah perilisan Snapdragon 8 Gen 1, rumor mengenai varian “+” mulai beredar. Konon chipset dengan nomor model ‘SM8475’ itu akan akan diberi nama “Snapdragon 8 Gen 1+” dan akan menggunakan node 4nm TSMC, bukan milik Samsung.

Karena Snapdragon 8 Gen 1+ pakai node 4nm bikinan TSMC, berbagai pihak optimis kalau chipset ini nggak akan mudah overheat (alias lebih adem dan nggak mudah panas) dan mencekik kinerja, beda jauh sama saudaranya Snapdragon 8 Gen 1. Ini karena node 4nm bikinan TSMC terkenal jauh lebih efisien.

Sementara itu baru-baru ini muncul rumor terbaru soal perilisan Snapdragon 8 Gen 1+. Dilansir dari situs On Site Go, Snapdragon 8 Gen 1+ akan rilis bulan Mei 2022.

Situs tersebut juga menambahkan jika ponsel Snapdragon 8 Gen 1+ pertama akan diluncurkan sebelum akhir Mei 2022, dan tersedia bulan Juni. Daftar pelanggan yang ‘kabarnya’ sudah memesan chipset ini adalah Lenovo, Motorola, OnePlus dan Xiaomi.

Namun sepertinya masih ada satu lagi perusahaan yang siap memakai Snapdragon 8 Gen 1+, dan ia adalah Samsung. Berdasarkan bocoran dari Ice Universe baru-baru ini, jajaran ponsel lipat Samsung seperti Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 bakal pakai Snapdragon 8 Gen 1+. Bahkan menariknya, ponsel layar gulung pertama Samsung Flex Slideable juga bakal pakai Snapdragon 8 Gen 1+.

Di sisi lain, situs On Site Go juga membocorkan kalau chipset Snapdragon 7-Series akan debut dalam waktu yang hampir bersamaan dengan Snapdragon 8 Gen 1+. Rumornya chipset Snapdragon 7-Series kini telah berada di tangan pembuat smartphone untuk diuji dan persiapan peluncuran produk.

    %d blogger menyukai ini: