Samsung Rilis Teaser Chipset Exynos Baru Yang Fokus Pada Gaming

Samsung Exynos rilis teaser misterius buat tanggal 19 November. Benarkah Samsung Exynos siap rilis chipset gaming?

Keberadaan chipset terbaru Samsung memang masih menjadi misteri sampai sekarang. Apalagi keberadaan chipset flagship Samsung yang rumornya bakal pakai GPU AMD, sampai sekarang pun masih belum jelas kapan akan diumumkan.

Namun sepertinya sebentar lagi kita akan melihat penampakan chipset terbaru Samsung. Pasalnya dalam iklan Instagram baru-baru ini, Samsung Exynos berjanji akan menunjukkan kepada kita chipset teranyar mereka pada tanggal 19 November ini.

Menariknya, teaser tersebut memperlihatkan seorang cewek yang sedang main mesin pinball (yang kalau dianalogikan seperti game analog).

Sedangkan di caption-nya, Samsung Exynos bilang kalau “Apa yang dulu kita anggap ‘immersive,’ tergantung pada faktor eksternal, seperti lingkungan sekitar. Namun kemajuan semikonduktor telah mengubah itu.

Wah, mungkinkah Samsung bersiap merilis chipset gaming mereka? Atau mungkinkah chipset Samsung Exynos + AMD akan segera rilis?

Jujur, kami sampai sekarang belum tahu chipset mana yang akan mereka umumkan. Tapi ada beberapa kandidat yang patut diantisipasi.

Pertama adalah chipset Samsung Exynos 2200. Rumor soal chipset flagship ini memang telah beredar sejak berbulan-bulan lalu, dan katanya chipset ini akan menggunakan GPU AMD dan teknologi RDNA2.

Sedikit info, RDNA2 sebelumnya telah digunakan pada PS5 dan Xbox Series X. Teknologi ini memungkinkan ray tracing dan variable rate shading ke ‘perangkat seluler berkinerja tinggi.’

Kalau dipikir-pikir, teknologi yang dipakai Exynos 2200 rasanya selaras dengan teaser yang diunggah Samsung di atas. Apalagi Samsung pakai embel-embel ‘gaming‘ di caption-nya, pas banget sama teknologi RDNA yang dipakai Exynos 2200 kan?

Samsung bisa saja mengumumkan chipset Exynos 2200 di bulan November ini, sebagai persiapan untuk peluncuran jajaran Samsung Galaxy S22 Series tahun depan.

Namun di sisi lain masalah ketersediaan chipset ‘dengar-dengar’ masih menjadi hambatan bagi Samsung. Ada kemungkinan lain kalau Samsung akan menggunakan Snapdragon 898 untuk Galaxy S22 Series di seluruh dunia.

Kalau misalnya November ini nggak dipakai buat mengumumkan Exynos 2200, lalu SoC apa yang mau diumumkan Samsung?

Menurut gosip lain baru-baru ini, Samsung juga tengah meningkatkan produksi chipset Exynos untuk ponsel mid-range dan entry-level mereka. Chipset ini konon bakal menyediakan peningkatan performa gaming yang cukup signifikan. Nggak tanggung-tanggung, Samsung kabarnya bakal memasok chipset setidaknya setengah dari ponsel Galaxy di seluruh dunia.

Nah bisa jadi, acara 19 November nanti akan dipakai buat mengumumkan chipset gaming untuk ponsel mid-range atau entry-level tahun 2022.

Tapi ya sudah lah, kita tetap tunggu saja pengumuman resmi Samsung di tanggal 19 November nanti. Siapa tahu masih ada kemungkinan lain yang nggak terpikirkan oleh kita.

%d blogger menyukai ini: