5 Teknologi Ini Ternyata Berpotensi Memusnahkan Manusia

Indri Penulis

Berbicara mengenai teknologi memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi saat ini, teknologi tidak akan pernah bisa dipisahkan dengan manusia.

Kini teknologi telah digunakan dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia. Dimulai untuk memudahkan pekerjaan, berkomunikasi serta menggunakan smartphone, dan masih banyak lagi.

Namun terlepas dari manfaat teknologi, berbagai teknologi yang ada saat ini sebelumnya diciptakan oleh manusia. Tentunya teknologi tersebut mempunyai bahaya tersendiri. Apabila disalahgunakan atau tidak dikendalikan dengan baik.

Berikut kami akan membahas beberapa teknologi yang dapat membahayakan kehidupan manusia, antara lain:

Laser

Sumber Gambar : Youtube

Laser memang tidak asing lagi bagi banyak orang. Benda tersebut merupakan teknologi yang diciptakan untuk dapat melakukan banyak hal.

Berbagai hal yang dapat dilakukan menggunakan laser seperti memotong material, mengobati penyakit, membuat hologram, dan lain sebagainya.

Namun saat ini ada banyak negara modern yang mulai mengembangkan teknologi dasar tersebut. Kini laser tengah dikembangkan sebagai senjata pertahanan, yang tentunya suatu saat pasti akan dilibatkan untuk perang.

Kemungkinan bila hal tersebut terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan manusia akan jatuh ke dalam perang laser. Hal tersebut hampir mirip dengan yang ada dalam film Star Wars.

Nuklir

Sumber Gambar : Bangka Pos

Sejak dahulu, nuklir memang telah menjadi salah satu teknologi penuh kontroversi. Hal tersebut rupanya telah diawali sejak penemuannya di era Perang Dunia II.

Sebenarnya teknologi nuklir sangat membantu manusia. Khususnya bila dimanfaatkan sebagai sumber energi skala besar.

Namun di sisi lain, nuklir juga telah membuktikan diri bahwa mereka merupakan teknologi yang paling banyak memakan korban. Hal tersebut dapat dilihat dari ledakan akibat nuklir digunakan sebagai senjata.

Bukan tidak mungkin, perang nuklir mungkin akan terjadi beberapa tahun yang akan datang. Mengingat saat ini saja telah ada beberapa negara yang tengah menguji coba nuklir sebagai senjata perang.

Selain itu, kini persaingan antar negara maju memang sangat ketat. Hal tersebut dilakukan negara maju dengan saling ancam menggunakan nuklir.

[irp posts=”54965″ name=”Percaya atau Tidak, 6 Website Ini Konon Benar-benar Berhantu”]

Drone atau Pesawat Tanpa Awak

Ini merupakan teknologi selanjutnya yang dapat memusnahkan umat manusia. Yaitu teknologi drone, atau yang kerap disebut sebagai pesawat tanpa awak.

Sebenarnya teknologi drone kerap digunakan dalam ajang pemotretan, maupun perekaman objek yang tidak dapat dijangkau oleh manusia.

Namun walaupun mempunyai manfaat besar bagi manusia, tidak dapat dipungkiri jika drone juga bisa menyebabkan masalah lain bagi manusia.

Apalagi belakangan ini, teknologi tersebut dikembangkan sebagai media pengintaian. Bahkan tidak jarang drone juga digunakan dalam medan perang.

Tentu, apabila semakin banyak negara yang mengembangkan drone untuk perang, dapat dipastikan hal tersebut akan menyebabkan korban berjatuhan, mengingat daya jangkau drone yang sangat luas.

Kecerdasan Buatan

Sumber Gambar : Future of Life Institute

Kecerdasan buatan adalah suatu teknologi yang masih tergolong baru. Hal tersebut karena teknologi ini ditemukan beberapa tahun lalu.

Penemuan kecerdasan buatan, membuat mesin-mesin buatan manusia dapat melakukan sesuatu dengan sendirinya. Dapat dikatakan bila mesin-mesin tersebut dapat otomatis beroperasi tanpa kehadiran manusia sebagai operator.

Walaupun begitu, kecerdasan buatan rupanya disinyalir dapat menjadi bumerang bagi manusia. Misalnya apabila kecerdasan buatan tersebut telah melampaui kemampuan manusia.

Sementara itu, kita tahu sendiri bahwa manusia terbatas oleh evolusi biologis. Oleh karena itu, mungkin kedepan manusia tidak akan dibutuhkan lagi.

Tidak menutup kemungkinan manusia kedepan akan tergantikan oleh kecerdasan buatan. Apalagi mesin tidak kenal lelah dan lapar. Hal ini dapat dimanfaatkan pihak tertentu, yaitu menggunakan mesin daripada mempekerjakan manusia.

Kemungkinan terburuk, mesin-mesin cerdas tersebut justru akan menganggap manusia sebagai musuh/ancaman yang harus dihilangkan.

Internet

Sumber Gambar : Victory News

Ini merupakan salah satu teknologi yang paling dekat dengan manusia. Bahkan internet tidak dapat dipungkiri bisa memberikan sejumlah manfaat dalam segala aspek kehidupan.

Namun walaupun memberikan beragam manfaat, internet rupanya menyimpan bahaya yang lebih parah daripada teknologi lain.

Tanpa disadari, sebenarnya internet bisa saja digunakan sejumlah pihak untuk manipulasi data, serta berbagai informasi yang dapat memicu pembunuhan, perpecahan, penipuan, bahkan juga peperangan.

Itulah 5 teknologi yang dapat mengancam populasi manusia kedepan. Semoga kedepan manusia dapat lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Supaya hal negatif yang timbul bisa diminimalisir. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

    %d blogger menyukai ini: