Kabar Gembira! Telegram Bakal Mendukung Fitur Video Call

Ada kabar bagus untuk kalian yang memakai Telegram. Pasalnya Telegram sebentar lagi akan memiliki fitur yang mendukung video call. Telegram sudah memberi konfirmasi fitur ini.

Telegram adalah salah satu layanan chat yang punya banyak fitur. Beberapa waktu lalu, Telegram baru saja melakukan update besar-besaran.

Dalam pembaruan itu, pengguna Telegram sudah bisa menikmati fitur edit video. Bukan hanya itu, pengguna juga dapat menambah stiker, animasi, teks, sampai menggambar sesuatu di video.

Setelah melakukan update besar-besaran, sekarang Telegram meluncurkan beta versi 7.0.0. Dalam beta ini, Telegram turut menguji fitur video call.

Telegram Uji Coba Fitur Video Call

Meski sudah punya banyak fitur menarik, tapi selama ini Telegram masih belum punya satu fitur penting. Padahal fitur ini sudah dipakai di berbagai layanan chatting.

Fitur tersebut yakni video call. Bisa kalian lihat, sekarang hampir semua media sosial atau layanan chatting sudah mendukung video call.

Namun sepertinya sebentar lagi pengguna Telegram bakal bisa menikmati fitur tersebut. Dikutip, dari situs XDA-Developers, salah satu pengguna Telegram sudah ada yang menemukan fitur panggilan video.

Sumber Gambar : Twitter/MishaalRahman

Fitur ini ditemukan oleh @alex193a di Telegram v7.0.0 beta untuk iOS, Android dan macOS. Kalian bisa lihat penampakan fitur panggilan video Telegram dalam gambar.

Di gambar itu, kalian bisa tahu cara memakai fitur video call. Untuk memakai fitur ini, pengguna cukup mengetuk ikon menu titik tiga yang ada di sudut kanan atas obrolan.

Fitur ini telah diaktifkan secara default saat rilis beta terbaru. Tapi kalau ingin mencoba fitur ini, penguna perlu menginstal Telegram v7.0.0 beta di dalam perangkat.

Sampai sekarang, Telegram masih belum mengumumkan info resmi soal fitur panggilan video. Tapi beberapa pihak memprediksi kalau fitur ini bakal dirilis resmi beberapa minggu lagi.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Oya selain fitur panggilan video, Telegram beta terbaru juga mengungkapkan hal lain. Sepertinya, Telegram bakal menerima dukungan notifikasi Bubble (gelembung) Android 11.

Telegram pertama kali menguji coba tampilan chat bergelembung bulan lalu. Uji coba ini dilakukan pada Telegram v6.3.0 beta versi aplikasi. Fitur ini bisa diaktifkan lewat opsi debug dalam pengaturan aplikasi.

Sekarang, Telegram telah berfungsi dengan Bubbles API asli Android 11. Tapi ya masih sama, pengguna tetap perlu mengaktifkan opsi debug. Jadi fitur ini belum secara default muncul di Telegram.

UPDATE: Pengumuman Telegram

Telegram sudah memberi konfirmasi soal fitur video call ini melalui blog resmi. Mereka menyebutkan kalau versi alpha dari fitur ini tersedia untuk aplikasi di Android dan iOS.

Telegram mengatakan kalau fitur panggilan video mendukung mode picture-in-picture sehingga bisa dipakai untuk multitasking. Namun, untuk saat ini, panggilan video baru bisa dipakai untuk personal. Sedangkan fitur group video call akan menyusul beberapa bulan mendatang.

Telegram juga menyatakan kalau fitur video call ini dilindungi oleh enkripsi. Kamu bisa melihatnya dari 4 emoji yang ada di layar. Kalau emoji ini cocok di tempatmu dan di tempat lawan bicara, maka enkripsi aktif dan percakapanmu dilindungi.

%d blogger menyukai ini: