Tencent Rilis ‘Game of Peace’, Pengganti PUBG Mobile yang Lebih Aman

Perundingan antara Tencent dan pemerintah China terkait PUBG Mobile berjalan alot. Hal ini membuat Tencent akhirnya merilis game pengganti PUBG bernama Game of Peace.

PUBG Mobile adalah game penuh kontroversi karena berisi konten kekerasan. Karena tidak kunjung menemukan titik temu, Tencent terpaksa menarik PUBG Mobile dari China.

Pemerintah China sebelumnya memang membatasi industri gaming. Terutama jika game itu mengandung konten kekerasan, seksualitas hingga perjudian.

Hal ini membuat Tencent akhirnya menyerah mempertahankan keaslian PUBG Mobile. Sebagai gantinya, Tencent rilis game baru yang lebih ‘bersih’ pengganti PUBG Mobile.

Sumber Gambar : Tech Nave

Game Anti-Terorisme Konten Dijamin Aman

Game baru tersebut bernama ‘Game of Peace’. Berbeda dengan PUBG, game ini mengambil tema anti-terorisme.

Game of Peace bahkan telah mengantongi izin monetisasi pada bulan April 2019. Meski berbeda tema, namun game ini memiliki gameplay yang hampir serupa PUBG Mobile.

Gameplay, layar belakang game, desain grafis, serta karakter, semua hampir mirip dengan PUBG Mobile”, kata analisi Game HIS Markit, Cui Chenyu.

Perilisan Game of Peace rupanya langsung menarik perhatian para pemain PUBG Mobile. Pemain-pemain itu mencoba memainkan Game of Peace karena dibilang mirip PUBG.

Di media sosial Weibo, banyak mantan pemain PUBG Mobile mengomentari Game of Peace. Komentar itu mayoritas menguraikan kemiripan Game of Peace dengan PUBG Mobile.

Meskipun hampir mirip dengan PUBG Mobile, tapi Game of Peace tetap memiliki perbedaan. Perbedaan terletak pada konten sensitif seperti gambar grafis darah.

Contoh ketika musuh tertembak, sama sekali tidak ada percikan darah. Bahkan ketika target sudah mati sekali pun tetap tidak ada grafis darah.

Dalam PUBG Mobile mayat akan tergeletak mengenaskan. Tapi di Game of Peace, mayat justru akan bangkit dan melambaikan salam perpisahan.

Tencent sendiri menjelaskan jika game ini penuh taktik. Hal ini Tencent buat sebagai dedikasi terhadap angkatan udara China.

China Renaissance, salah satu analis investasi di China turut memprediksi Game of Peace. Lembaga ini memperkirakan game ini akan menuai pendapatan Rp 17 – 21 triliun.

Prediksi tersebut mereka dilihat dari kesuksesan PUBG Mobile. Dimana game ini memiliki rata-rata 70 juta pengguna aktif harian di China.

More Stories
cara mengganti keyboard android
Cara Mengganti Keyboard Android dan iOS