Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Terjual Super Mahal, Ini Dia Komputer Apple Generasi Pertama

Apple memang terkenal dengan serangkain produk besutannya yang memiliki harga tinggi, hal ini bahkan terbukti dari produk komputer pertama yang mencapai harga fantastis saat dijual.

Komputer perdana dari Apple ini, mampu terjual dengan harga yang sangat spektakuler. Komputer perdana itu punya nama Apple-1.

Sumber Gambar: Mashable

Berhubung komputer perdana dari Apple ini adalah barang yang bisa dibilang langka, maka metode penjualannya pun dilakukan dengan metode lelang.

Dilansir dari salah satu sumber berita, Apple-1  yang dilelang ini berasal dari Byte Shop. Byte Shop sendiri adalah salah satu toko komputer dimana Steve Jobs dan Steve Wozniak menawarkan produknya.

Berdasarkan pernyataan dari RR Auction selaku penyelanggara lelang, komputer perdana dari Apple ini mampu terjual dengan harga US$ 275 ribu atau senilai Rp. 5,5 milyar.

Benar-benar harga yang sangat fantastiskan untuk sebuah komputer jadul ini. Komputer jadul ini berhasil dibeli oleh pembisnis kaya raya yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Satu hal yang perlu kalian ketahui, sebenarnya komputer jadul besutan dari Apple ini adalah milik salah satu pembeli di Byte Shop.

Dulu ia membeli komputer jadul ini hanya untuk mempelajari BASIC, yaitu salah satu bahasa pemrogaman.

Pada saat itu, pemilik komputer ini memang merasa bahwa Apple-1 akan menjadi salah satu sejarah dalam dunia komputer, maka dari itu ia menyimpannya sampai saat ini. Dan siapa yang menyangka bahwa kompuer jadul ini mampu terjual dengan harga Rp. 5,5 milyar.

Pemilik Byte Shop, yaitu Wozniak dan Jobs diketahui sudah berhasil menjual 200 unit Apple-1 dalam kurun waktu 1 tahun.

Dari semua produk yang terjual, nampaknya masih ada 79 unit lagi yang tersisa sampai sekarang.

Pelelangan dari produk Apple ini rupanya sudah berlangsung sejak Agustus 2018 yang lalu. Sebelumnya memang sudah diprediksi, bahwa komputer lawas ini akan terjual dengan harga yang tinggi yaitu sekitar Rp 4 milyar.

Di dalam acara lelang ini, ternyata bukan hanya menawarkan motherboard-nya saja, namun termasuk monitor dan keyboard yang asli dari Apple-1.

Dengana adanya kedua aksesoris ini, hal ini membuktikan bahwa komputer dari Apple tergolong perangkat yang paling maju pada masanya.

Sumber Gambar: Gazette Review

Jauh sebelum lelang pada bulan Agustus kemarin dilakukan, ternyata RR Auction juga pernah melelang produk yang serupa setahun yang lalu, yaitu pada September 2017.

Pada saat itu, komputer yang diberi nama Apple-1 merupakan milik mantan karyawan perusahaan itu sendiri, yaitu Adam Schoolsky.

Apple-1 ini berhasil dijual pada donor lelang yanng sekaligus kolektor komputer, yaitu David Larsen.

Pada tahun 1995 David Larsen ternyata sudah pernah membeli komputer Apple-1 ini dengan harga 46 juta, dan yang terakhir ia membeli komputer Apple1 dari lelang seharga Rp. 9,3 milyar.

Selain perangkat komputer Apple 1 yang dilelang, pada acara pelelangan tersebut juga terdapat beberapa kelengkapan komputer yang lainnya, seperti buku petunjuk asli, tag harga, kotak asli, dan penyimpanan kaset.

Benda-bendar tersebut  dianggap sebagai bagian dari sejarah Apple, itu sebabnya mereka dilelang bersama.

Sumber Gambar: VAOnlineNews

Nah, apakah kalian tertarik juga membeli komputer perdana dari Apple ini?