Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Foto Steve Jobs dan Petinggi Google Waktu Masih Rukun

Anom Penulis

Sebuah foto langka dan unik muncul di internet. Kenapa langka? Karena foto itu menunjukkan Steve Jobs dan dua petinggi Google, Larry Page dan Eric Schmidt, makan siang bersama.

Foto ini diunggah oleh Jason Shellan, seorang veteran di industri teknologi. Ia pernah masuk tim Blogger dan menjadi manajer perkembangan bisnis di Google. Shellan mengunggah foto itu di Twitter.

popculture.id

Ia menyebutkan kalau saat itu, di minggu terakhir ia bekerja di Google, ia masuk ke kafe dan menemui Steve Jobs yang makan siang bersama dengan Larry Page dan Eric Schmidt.

Ketika Apple dan Google Masih Rukun

Di foto itu memang terlihat Steve Jobs dan Larry Page sedang mengambil makan siang. Foto lain menunjukkan Steve Jobs berdiskusi dengan dua tokoh Google itu. Shellan menyebutkan kalau ia mengambil foto itu dengan Palm Treo 680.

Steve Jobs, Larry Page, dan Eric Schmidt

Yang menarik, foto itu diambil pada bulan Agustus 2007, beberapa bulan setelah iPhone pertama diumumkan oleh Steve Jobs. Ketika itu, Eric Schmidt juga ikut berdiri di panggung untuk mempresentasikan Google Maps dan YouTube.

Ketika itu, para petinggi Google — termasuk pendirinya Larry Page dan Sergei Brin — cukup akrab dengan Steve Jobs. Bahkan disebutkan kalau Kedua pendiri Google sempat menginginkan Steve Jobs sebagai CEO pertama Google, sebelum akhirnya menunjuk Eric Schmidt.

Larry Page dan Sergei Brin sering berkonsultasi dengan Steve Jobs. Sang pendiri Apple ini pun sering memberikan saran pada mereka. Dalam buku “In The Plex” tulisan Steven Levy, disebutkan kalau Steve Jobs bersemangat untuk berkolaborasi dengan bisnis yang secara umum tidak bersinggungan dengan Apple.

Ketika Teriakan Perang Dikumandangkan

Hubungan antara Apple dan Google memburuk ketika Android diumumkan ke dunia. Steve Jobs beralih membenci Google (terutama Android). Bahkan ada perkataannya yang begitu terkenal soal ini di buku “Steve Jobs” tulisan Walter Issacson.

“…Aku akan menghabiskan uang 40 milyar Dollar milik Apple di bank, untuk membetulkan kesalahan ini. Aku akan menghancurkan Android, karena itu produk curian. Aku bisa mengadakan perang termo-nuklir untuk ini.”

Ambisi Steve Jobs itu tidak tercapai. Ia wafat menyaksikan Android berkembang menguasai jagat smartphone dan Apple tidak bisa melakukan apa pun untuk menghentikannya.

    %d blogger menyukai ini: