Aplikasi Ini Cocok Untuk Tes Kecepatan Koneksi Internet Ke Luar Negeri

speed test ke luar negeri

Bicara soal tes kecepatan, yang paling populer mungkin aplikasi SpeedTest. Tapi ada satu pilihan menarik. Terutama kalau kamu mau tes kecepatan koneksi internet ke luar negeri.

Selain SpeedTest, memang ada banyak website dan aplikasi uji kecepatan internet. Sebagian besar dari aplikasi itu menggunakan server terdekat sebagai bahan tes. Ya, memang tidak salah. Karena toh berhubungan dengan muatan lokal.

Beberapa juga menawarkan pilihan server lain, termasuk di luar negeri. Namun kita harus merubah setelan atau harus mencari sendiri server untuk bahan uji coba. Biasanya kita hanya mengetahui nama penyedia server dan lokasinya.

tes kecepatan koneksi internet

Layanan tes kecepatan koneksi internet ini berbeda. Fast.com adalah layanan milik Netflix, sebuah perusahaan streaming film dan serial. Server yang dipakai juga server Netflix. Jadi langsung jelas situasinya. Kamu bisa mengukur kualitas koneksi untuk streaming film dengan server dari luar negeri.

Bukan apa-apa, kadang koneksi lokal tidak bermasalah, namun ada kendala di luar sana. Oleh sebab itu, saat main game bisa mendadak lambat, karena letak server di luar negeri dan jaraknya cukup jauh. Ibaratnya, perjalananmu terganggu karena di tengah jalan kamu dipalak preman.

Sebelum ini, karena “hanya bertujuan” untuk uji streaming film, Fast.com hanya memberi hasil speed test untuk Download saja. Tapi kemudian layanan ini berkembang. Fast.com sudah memberikan hasil untuk latency (ping) dan upload (kamu bisa tahu lebih jauh soal istilah ini di artikel Mengenal Speed Test Internet).

Saat kamu masuk ke situs web atau aplikasi Fast.com, layanan itu akan langsung memulai proses uji coba (nggak pakai klik). Sampai saat ini, yang terlihat di indikator hanya ukuran download. Baru setelah selesai, kamu bisa klik tombol ‘Show more info’ untuk melihat informasi latency dan upload.

hasil tes kecepatan koneksi internet

Memang tes kecepatan seperti ini bukanlah proses baku sekali jalan. Karena kondisinya bisa berubah-ubah. Tapi tidak ada salahnya juga kan mencoba pilihan lain untuk membandingkan.

Layanan tes kecepatan koneksi internet dari Netflix ini mungkin bukan yang terbaik. Tapi paling tidak kamu lebih mengenal situasinya. Sekali lagi, bukan berarti yang lain tidak tepat. Sekedar menambah pilihan saja.

Download (Android)

Download (iOS)

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: